ARTSUBS, Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia Digelar di Surabaya

Minggu 27-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Heti Palestina Yunani

Langkah itu dianggap penting untuk merangsang pertumbuhan seni rupa di Indonesia dengan membuka ruang bagi seniman muda dan memberi kesempatan bagi mereka untuk menampilkan karya-karya inovatif yang segar dan berbeda.

Untuk memperkuat tema Ways of Dreaming, ARTSUBS menampilkan berbagai platform pameran yang dirancang secara khusus.

BACA JUGA:Peringati Hari Batik Nasional, Hotel Santika Pandegiling Gelar Pameran Bersama UMKM Batik Lokal Surabaya

Platform-platform itu mencakup karya-karya yang dipilih secara teliti untuk menampilkan spektrum seni rupa kontemporer yang luas dan beragam. Seperti tema lanskap kontemporer, pasca-tradisi, materialitas, arus pop dan low brow, hingga isu ekologi dan kolektif seni.

Rangkaian panel dan tata cahaya dipersiapkan untuk menciptakan suasana yang mendukung pengalaman penghayatan terhadap karya seni.

Penataan pameran itu juga dirancang agar pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi seluruh ruang pamer tanpa mengurangi kenyamanan.

BACA JUGA:Produk CRRC Qingdao Sifang Pikat Pengunjung Pameran di Jerman

Salah satunya adalah karya instalasi Nyoman Nuarta berjudul Apsari. Karya itu menampilkan figur perempuan yang membentangkan kedua tangannya. Di seluruh tubuhnya memancar motif-motif rumit. Membuncah di bagian atas, lalu seakan meleleh ke bawah mengikuti kontur rangka besi di dua sisi.

Karya itu seakan menggambarkan bahwa legenda Apsari sebagai bidadari kahyangan tak lekang dimakan zaman. Tetap ada dan hinggap dalam masyarakat. Dari mana pun asalnya dan apa pun agamanya. Sebab, tiap keyakinan pasti terdapat legenda perempuan cantik atau sosok bidadari seperti Apsari.

ARTSUBS diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang dinanti masyarakat Surabaya. Sekaligus berperan sebagai pendorong seni rupa kontemporer Indonesia ke panggung nasional dan internasional. (*)

Kategori :