Inisiatif Lokal Mendunia dari Dua Platform Digital Ini Turut Mendorong Ekspor Produk Indonesia melalui Ekosistem Region

Senin 03-11-2025,15:00 WIB
Reporter : Raka Denny

HARIAN DISWAY - Dua platform digital Tokopedia dan TikTokShop semakin berperan penting bagi UMKM dan brand lokal untuk memperluas jangkauan, meningkatkan daya saing, serta masuk ke pasar global. 

Melihat peluang itu, maka kedua pihak berkomitmen mendukung pertumbuhan brand lokal melalui Promo Guncang 12.12, yang membantu pelaku usaha meningkatkan visibilitas dan penjualan secara digital. Hal ini ditegaskan Hilmi Adrianto.

Head of Public Policy & Government Relations Tokopedia and TikTok Shop E-commerce Indonesia itu menjelaskan bahwa pihaknua siap meramaikan akhir tahun 2025 melalui puncak program belanja online tahunan Gajian Sale dan Promo Guncang 12.12.

BACA JUGA: Tokopedia 8 Agustus, Ini Cara Mudah Dapatkan Diskon 80 Persen dan Samsung Galaxy Tab 19

Hal itu diyakini akan mendorong pelaku usaha lokal tanah air mendunia melalui inisiatif Lokal Mendunia. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa pada Triwulan III 2025, transaksi e-commerce di Indonesia tumbuh 6,19 persen secara kuartalan.

Itu artinya belanja online semakin menjadi bagian penting dalam aktivitas masyarakat. Pada periode yang sama, ekspor barang dan jasa juga meningkat 9,91 [ersen (yoy), menandakan peluang besar bagi produk lokal untuk menjangkau pasar luar negeri melalui kanal digital.

Di tingkat kawasan, potensi ekonomi digital di enam negara terbesar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, diperkirakan mencapai USD 600 miliar pada 2030, menunjukkan besarnya peluang bagi pelaku usaha Indonesia untuk memperluas pasar ke ASEAN yang memiliki basis konsumen digital terus bertumbuh.

BACA JUGA: ByteDance PHK 450 Karyawan Imbas Merger TikTok Shop dengan Tokopedia

Selain itu, inisiatif Lokal Mendunia turut mendorong ekspor produk Indonesia melalui ekosistem regional TikTok Shop, membuka akses lebih luas ke pasar Asia Tenggara dan memperkuat kontribusi produk lokal terhadap perekonomian nasional.

Melalui momentum 12.12 tahun ini, Tokopedia dan TikTok Shop tidak hanya menghadirkan nilai lebih bagi para pembeli, tetapi juga membuka peluang lebih besar bagi para pelaku usaha dan brand local untuk semakin naik kelas.

Selain itu, dengan ekosistem yang kuat, kami terus mendorong pelaku usaha lokal Indonesia untuk menembus pasar global, membangun kebanggaan serta kepercayaan terhadap produk buatan Indonesia, untuk memperkuat perekonomian digital bangsa.

BACA JUGA: Siap-Siap Perang di WAR 12.12 Tokopedia, iPhone 15 dan Samsung Flip 5 Rp 12 Ribu Saja

Ditambahkan Dr. Budi Santoso, M.Si., Menteri Perdagangan Republik Indonesia, pihaknya mengapresiasi upaya platform digital di Indonesia, salah satunya Tokopedia dan TikTok Shop, dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia.

Hal ini tercermin melalui pembukaan akses pasar yang lebih luas bagi produk dan pelaku usaha lokal, khususnya melalui kampanye Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 10-16 Desember 2025. Inisiatif ini diharapkan tidak hanya membuka akses yang lebih luas bagi pelaku usaha Indonesia di dalam negeri.

"Tetapi juga mampu memperkuat posisi produk Indonesia di kancah internasional melalui pemanfaatan ekosistem perdagangan digital yang inklusif dan kompetitif, sehingga lebih banyak produk UMKM yang menembus pasar global,” terangnya.

Kategori :