BRI Siapkan Rp 32,8 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Lebaran 2025

Senin 10-03-2025,14:05 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan dana tunai sebesar Rp32,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur Lebaran 2025. Libur Lebaran tahun ini akan berlangsung mulai 28 Maret hingga 7 April 2025, atau selama 11 hari.

Persiapan ini dilakukan guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan transaksi tunai masyarakat pada momen Hari Raya Idulfitri yang kerap menjadi puncak aktivitas ekonomi.

SEVP Operations BRI, Nyoman Sugiri Yasa, menjelaskan bahwa penyediaan uang tunai ini merupakan langkah strategis untuk menjaga kelancaran aktivitas ekonomi dan memastikan layanan perbankan tetap optimal.

"Setiap tahun, momen Lebaran selalu diiringi dengan permintaan uang tunai yang tinggi. Oleh karena itu, BRI memastikan ketersediaan likuiditas yang memadai, khususnya di jaringan kantor cabang dan mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Nyoman.

Jumlah uang tunai yang disiapkan tahun ini tercatat turun sebesar 6,12% dibandingkan realisasi tahun lalu. Penurunan ini dipengaruhi oleh tren penurunan transaksi tarik tunai sebesar 15% secara year-on-year (yoy), serta semakin populernya transaksi non-tunai di kalangan masyarakat.

BACA JUGA:Dukung UMKM, BRI Salurkan Rp 27,72 Triliun untuk KUR di Awal 2025

BACA JUGA:BRI dan Blue Bird Perkuat Kolaborasi, Hadirkan Solusi Keuangan Digital untuk Pengemudi

"Masyarakat semakin terbiasa menggunakan metode pembayaran digital, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit menurun," tambah Nyoman.

Di sisi lain, transaksi digital di BRI terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. Data menunjukkan bahwa jumlah transaksi melalui Super Apps BRImo meningkat sebesar 40,54% yoy.

Selain itu, transaksi QRIS BRI tumbuh pesat hingga 186% yoy, dan transaksi EDC merchant BRI naik 177% yoy.


BRI Siapkan Rp32,8 Triliun untuk Lebaran, Pastikan Kebutuhan Uang Tunai Masyarakat Terpenuhi Hingga Pelosok-dok.BRI-

Untuk mendukung transaksi non-tunai, BRI memastikan layanan digital banking seperti BRImo tetap optimal agar nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan aman.

Hingga akhir Desember 2024, BRI memiliki lebih dari 796 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari 776 ribu EDC, 10 ribu mesin ATM, dan 9 ribu mesin CRM.

BRI juga memastikan keandalan mesin ATM dan CRM yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total mencapai 19.670 unit.

BACA JUGA:BRI Peduli Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di 52 Titik

Kategori :