Andalan! Satgas RAFI 2025 PGN Layani 818 Ribu Pelanggan Tanpa Gangguan Pasokan Gas

Selasa 15-04-2025,15:18 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY  – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Subholding Gas Pertamina, berhasil menutup masa operasi Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2025 dengan catatan apik.

Selama periode siaga, PGN berhasil menjaga keandalan pasokan dan distribusi gas bumi di 18 provinsi dan 74 kabupaten/kota, melayani lebih dari 818 ribu pelanggan tanpa kendala.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Harry Budi Sidharta, menyampaikan bahwa PGN telah menyalurkan gas secara optimal kepada berbagai segmen pelanggan.

“Kami telah melayani lebih dari 5.800 pelanggan komersial, industri, dan pelanggan kecil , serta 813 ribu pelanggan rumah tangga dan pembangkit listrik , termasuk PLN Group, dengan aman dan tanpa gangguan,” ujar Harry dalam pernyataannya, Senin (14/04/2025).

Penyaluran gas dilakukan melalui infrastruktur yang terintegrasi, termasuk lebih dari 33.000 km jaringan pipa gas , 16 SPBG dan MRU, serta 3 terminal LNG yang dikelola oleh Subholding Gas Group.

Infrastruktur ini memastikan distribusi gas berjalan lancar dan andal untuk semua sektor, mulai dari rumah tangga hingga industri besar.

BACA JUGA:PGN Optimalkan FSRU Lampung, Terima Pasokan LNG 130.000 M Kubik dari Bontang untuk Ketahanan Energi

BACA JUGA:PGN Menang Lelang Hak Khusus WJD Gas Bumi Batam, Targetkan 16 Ribu Pelanggan

Peningkatan Signifikan Volume Niaga Gas

Hingga akhir periode Satgas RAFI 2025, rata-rata volume niaga gas PGN mencapai 788 BBTUD , melampaui proyeksi tahun ini dengan kenaikan sebesar 22,7% dibandingkan periode sebelumnya.

Untuk wilayah yang sulit dijangkau oleh jaringan pipa, PGN menyiapkan pasokan LNG. Regasifikasi LNG di fasilitas seperti FSRU Lampung – PLI , Nusantara Regas , dan Perta Arun Gas mencapai 551 BBTUD , meningkat 41,6% dibandingkan periode RAFI 2024.

Distribusi BBG untuk Sektor Transportasi

Di sektor transportasi, PGN juga mencatatkan peningkatan signifikan dalam penyaluran Bahan Bakar Gas (BBG) . Total penyaluran BBG mencapai 18.020 liter setara premium (LSP) , naik 2,1% dibandingkan periode RAFI 2024. Harry menegaskan bahwa kelancaran distribusi BBG, terutama selama momen Lebaran, menjadi prioritas utama perusahaan.

“Kelancaran penyaluran BBG untuk transportasi, khususnya pada momen Lebaran, menunjukkan komitmen kami dalam memastikan reliabilitas distribusi energi tetap terjaga dengan baik,” tambah Harry.

BACA JUGA:PGN Perluas Jargas di Tangsel, Ribuan Keluarga Kini Masak Tanpa Khawatir Kehabisan Gas

BACA JUGA:PGN Jamin Keamanan Layanan dan Kenyamanan Konsumen Selama Libur Lebaran

Layanan Pelanggan dan Keamanan Operasional

Selama periode RAFI 2025, PGN juga memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan melalui Pertamina Call Center 135 . Total 527 kasus pelanggan berhasil diselesaikan dengan cepat dan efisien. Seluruh personel dan aset PGN dilaporkan beroperasi dalam kondisi aman dan optimal.

Kategori :