Live Commerce, Belanja Interaktif yang Semakin Diminati

Sabtu 24-05-2025,14:00 WIB
Reporter : Ivo Irvansyah*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Anda pasti sudah sering berbelanja online di platform e-commerce favorit. Seperti Shopee, Tokopedia, atau TikTok Shop.

Salah satu tren terbaru yang semakin diminati warganet saat ini adalah live commerce, atau belanja interaktif secara langsung melalui siaran live streaming.

Diisi dengan unsur hiburan, interaksi real-time, dan transaksi online dalam satu platform, live commerce menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menarik.

BACA JUGA:E Commerce Raksasa dan Diskriminasi Harga: Siapa yang Diuntungkan dan Dirugikan?

Live commerce merupakan metode penjualan produk yang dilakukan melalui siaran langsung (live streaming).

Dengan metode tersebut, penjual atau host memperkenalkan dan mendemonstrasikan produk secara real-time kepada penonton.

Penonton dapat langsung berinteraksi melalui kolom komentar, mengajukan pertanyaan, bahkan melakukan pembelian langsung selama siaran berlangsung.

BACA JUGA:Komdigi Tegaskan Aturan Diskon Ongkir Tidak Batasi Promosi Gratis Ongkir E-Commerce

Konsep itu pertama kali populer di Tiongkok, dan kini menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kini, platform e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop telah mengintegrasikan fitur live commerce untuk meningkatkan pengalaman belanja penggunanya.

Alasan Live Commerce Semakin Diminati


Berbeda dengan belanja biasa seperti di katalog e-commerce, live commerce memberi keunggulan bagi pelanggan untuk bertanya langsung saat sesi live streaming --Innoverdigital

1. Interaktif dan Real Time

Konsumen dapat langsung bertanya tentang detail produk, menonton demonstrasi cara penggunaan, hingga meminta rekomendasi dari host secara langsung.

BACA JUGA:Strategi Jitu E-Commerce Ini Raih Kepuasan Tertinggi Pembeli Hingga Penjual, Brand Lokal, dan UMKM

Interaksi itu menciptakan rasa percaya dan kedekatan antara pembeli dan penjual.

2. Transparansi Produk

Melalui tayangan langsung, konsumen bisa melihat kondisi produk secara nyata tanpa rekayasa atau foto palsu.

Kategori :