Strategi Jitu E-Commerce Ini Raih Kepuasan Tertinggi Pembeli Hingga Penjual, Brand Lokal, dan UMKM

Strategi Jitu E-Commerce Ini Raih Kepuasan Tertinggi Pembeli Hingga Penjual, Brand Lokal, dan UMKM

Hadirnya platform e-commerce merupakan bentuk dari adaptasi industri perdagangan ke dunia digital. --Freepik

HARIAN DISWAY - Kemajuan teknologi yang pesat telah menjadi katalisator utama dalam transformasi kebiasaan masyarakat modern. Termasuk dalam hal aktivitas jual beli di dunia maya alias e-commerce

Akses informasi yang semakin cepat dan mudah tidak hanya membuka peluang untuk terus berkembang dan menggali potensi, tetapi juga menciptakan lingkungan dinamis. Di mana inovasi dan adaptasi menjadi kunci kesuksesan. 

Hal ini dapat dilihat dari salah satu dampak paling nyata digitalisasi yaitu hadirnya platform e-commerce. Ini merupakan bentuk dari adaptasi industri perdagangan ke dunia digital.

BACA JUGA: Ketepatan Waktu Jadi Tips Sukses Xaviera dan Sandy CoC, Belanja Juga di Shopee Karena Garansi Tepat Waktu!

Tidak hanya memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah bagi pembeli, e-commerce juga membuka peluang besar bagi para pelaku usaha, terutama UMKM dan merek lokal, untuk mengembangkan bisnisnya. 

Bahkan, jika ditelaah lebih lanjut, kehadiran e-commerce memiliki dampak positif yang lebih kompleks terhadap pertumbuhan ekonomi digital. Dengan membantu mendongkrak jumlah brand lokal yang kini mulai mendominasi pasar.

Secara tidak langsung e-commerce telah menciptakan berbagai lapangan dan profesi pekerjaan baru. Seperti host live streaming, admin toko online, afiliator, konten kreator, hingga pekerja di industri logistik.

BACA JUGA: Heboh Lagi! Mami Louisse Hadirkan Toyota Agya Rp 8 Ribu di Promo 8.8 Shopee Live

Dapat disimpulkan bahwa manfaat dari kehadiran e-commerce jauh melampaui kemudahan transaksi online, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang luas dan positif bagi berbagai lapisan masyarakat.


Aktivitas bongkar muat di Terminal Petikemas Surabaya Tanjung Perak. Dalam waktu dekat, akan dibangun terminal petikemas di Gresik yang berkapasitas 3 juta TEUs-Julian Romadhon/Harian Disway-

Pengaruh yang sangat besar ini membuat lanskap dan dinamika dari strategi e-commerce di tanah air selalu menarik untuk diamati.

Untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar, ada berbagai faktor integral yang harus diperhatikan oleh para pemain e-commerce untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan penjual saat menggunakan platformnya.

BACA JUGA: Konsisten Dorong Kemajuan UMKM dan Brand Lokal, Shopee Perluas Akses Produk Lokal ke Berbagai Pulau di Indonesia

Lalu, bagaimana inovasi dan fitur yang ditawarkan dapat memberikan keuntungan bagi penjual? Serta aspek apa saja yang menjadi kunci keberhasilan platform e-commerce dalam menarik dan mempertahankan loyalitas pembeli?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: