BACA JUGA:Drama MotoGP: Il Professor Alberto Giribuola Gabung Pramac Yamaha 2026
Selain Yamaha, terlihat pula tim penguji Honda HRC MotoGP dan Aleix Espargaro yang turut berbagi lintasan di Aragon selama dua hari tersebut.
Berdasarkan data ini, Toprak hanya tertinggal 0,545 detik dari waktu terbaik hari itu, yang kemungkinan besar dicetak oleh Aleix Espargaro di atas motor Honda RC213V versi 2026 .
Jika dibandingkan dengan hasil FP1 GP Aragon 2025 pada 6 Juni lalu (dalam kondisi cerah, suhu udara 24°C), di mana Marc Marquez memimpin dengan waktu 1 menit 46,974 detik, maka catatan 1 menit 48,631 detik Toprak hanya lebih lambat 1,657 detik dari Ducati GP25 milik Marquez.
Capaian ini terbilang menjanjikan, mengingat ini adalah uji coba pertama Toprak dengan M1-V4. Meski begitu, ia masih perlu beradaptasi dengan karakter ban Michelin dan rem karbon, terutama karena ban depan Michelin tidak bisa dipaksakan saat pengereman keras di kondisi suhu aspal rendah — berbeda dengan karakter ban Pirelli yang biasa ia gunakan di WSBK.
Teknisi Yamaha Racing masih mempunyai pekerjaan besar untuk mengurangi jarak performa dengan Ducati GP25. Diperkirakan, perubahan pada desain aerodinamika dan setup gearbox yang lebih ekstrem akan ditampilkan pada tes pascamusim MotoGP 2025 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia , awal pekan depan.
Saingan terdekat Yamaha saat ini adalah Honda, yang saat sudah diperkuat dengan hadirnya Kurt Trieb , mantan perancang mesin balap KTM.
Sentuhan awal Trieb pada RC213V versi 2025 mulai terlihat sejak paruh kedua musim, dengan performa Joan Mir dan Luca Marini yang kian sering mengejutkan hadir di persainhan barisan depan.
Apakah Yamaha M1-V4 sudah mendekati bentuk sempurnanya? Mari kita buktikan bersama dalam tes pascamusim mendatang.(*)