Sensor Pintar untuk Deteksi Air Seni

Sensor Pintar untuk Deteksi Air Seni

Ilustrasi: Reza-Harian Disway--

BOSTON, HARIAN DISWAY - Pengelola Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA) pusing betul dengan problem ini: elevator di sejumlah tempat selalu pesing. Bau kencing. Karena itu mereka merancang teknologi anyar. Yakni membuat lift pintar yang bisa mendeteksi pipis.

 

Program itu akan diluncurkan pada Agustus. Ada empat lift yang akan dipasang sensor. Cara kerjanya simpel. Pendeteksi pipis itu akan memberi sinyal kepada petugas. Mereka akan langsung datang dan membersihkan elevator pesing itu.

 

Menurut Meghan Collins, project manager di MBTA, ada sensor di langit-langit lift yang bisa menghirup udara. Sensor itu juga bisa mengendus aroma-aroma di dalam elevator.

 

Kalau program itu berjalan lancar, pada akhir tahun semua lift di wilayah kerja MBTA akan diberi sensor tersebut pada akhir tahun.

 

Menurut Associated Press, ide serupa pernah diluncurkan oleh Metropolitan Atlanta Rapid Transit Authority (MARTA) sekitar sepuluh tahun silam. Jika ada aroma urine, sensor lift akan menyalakan lampu dan alarm, lalu ’’melapor’’ ke polisi. Lift itu akan ditutup sampai ada petugas yang membersihkannya.

 

Pengelola transportasi massal di AS memang sering kesal pada orang-orang bandel yang pipis di lift. Rasanya, sensornya harus lebih ’’kejam’’. Kalau ada orang pipis, baik bau pesing atau tidak, alarm akan menyala dan mengunci orang itu di dalam lift... Coba diusulkan… (Doan Widhiandono)

 

Sumber: