Terkena Ramsay Hunt Syndrome, Justin Bieber Butuh Tiga Hingga Enam Bulan Untuk Pulih

Terkena Ramsay Hunt Syndrome, Justin Bieber Butuh Tiga Hingga Enam Bulan Untuk Pulih

Vespa X Justin Bieber--Instagram

LOS ANGELES, HARIAN DISWAYJustin Bieber terkena Ramsay Hunt Syndrome yang mengakibatkan separuh wajahnya lumpuh. Setidaknya Justin Bieber butuh tiga hingga enam bulan untuk memulihkan kondisi.

Hal itu diungkapkan oleh Dr Nina Lu, ahli kelumpuhan wajah Fakultas Kedokteran Universitas Washington. Lu menegaskan kelumpuhan yang dialami pada  orang dengan diagnosa Ramsay Hunt Syndrome tidak permanen. Tujuh dari sepuluh pasien penyakit ini bisa sembuh total dari kelumpuhan wajah. Hal yang sama juga dijelaskan oleh Dr Josh Rosenberg, ahli bedah plastik di Pusat Medis Mount Sinai, New York.  Dua ahli medis ini juga menekankan kalau proses penyembuhan bisa lebih cepat pada pasien usia muda. 

’’Mungkin saja Justin Bieber akan pulih dalam beberapa bulan. Tapi bisa saja lebih cepat, terkadang kondisi seseorang bisa membuatmu terkejut, terutama anak muda,’’ kata Rosenberg dikutip dari Daily Mail. ’’(Bieber) masih muda, penyakitnya juga diketahui lebih cepat sehingga ditangani dengan cepat pula. Itu tanda-tanda yang bagus,’’ lanjutnya. 


Justin Bieber mengalami kelumpuhan wajah karena Ramsay Hunt Syndrome-@justinbieber-Instagram

BACA JUGA: Justin Bieber Terkena Ramsay Hunt Syndrome, Ini Penyebab dan Gejalanya

Menurut data yang dimiliki oleh National Organization for Rare Diseases, lima dari 100 ribu orang di Amerika Serikat bisa terkena Ramsay Hunt Syndrome tiap tahun. Penyebab penyakit ini adalah varicella zoster (VZV) yang menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster pada orang dewasa. Virus tersebut bertahan dalam sel selama bertahun-tahun, bahkan bisa puluhan tahun. Namun, virus tersebut bisa aktif kembali dan menyerang saraf di wajah. 

Belum diketahui faktor apa saja yang bisa memicu virus tersebut aktif lagi. Tetapi stress, sistem kekebalan tubuh yang melemah, serta masalah medis mendasar lainnya yang diduga menjadi pemicunya. Beberapa pasien yang terkena penyakit ini bisa sembuh total. Tapi ada juga yang hanya pulih sedikit alias gerakan di bagian wajah yang lumpuh masih tidak terkontrol. 

BACA JUGA: Hailey Bieber: Kondisi Justin Semakin Baik, Dia Akan Baik-Baik Saja

Dokter Lu menambahkan waktu penyembuhan bisa bervariasi tergantung kondisi pasien. ’’Ada yang masa penyembuhannya sangat cepat, hanya beberapa minggu. Tapi ada juga yang butuh berbulan-bulan,’’ jelasnya. Efek lain dari gangguan ini terkadang menyebabkan penderita mengalami synkinensis sebagian.

 Synkinensis adalah kondisi ketika terjadi gerakan wajah abnormal yang sifatnya tidak disadari. Selain itu, sindrom Ramsay Hunt ini juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan pendengaran sementara serta perubahan pada pita suara. Justin Bieber saat ini sedang dalam masa perawatan agar bisa cepat sembuh. Dokter memberinya obat antivirus serta melakukan terapi wajah agar gerakannya normal lagi. Pada Rabu, 15 Juni 2022, Hailey Bieber yang tampil dalam program televisi Good Morning America mengatakan kalau kondisi suaminya semakin baik.(*)  

 

Sumber: daily mail