Berprestasi Internasional, tapi Tertolak Ikut Seleksi PPDB SMP Surabaya

Berprestasi Internasional, tapi Tertolak Ikut Seleksi PPDB SMP Surabaya

Sejumlah siswa SMAN 6 Surabaya saat menunggu jemputan ketika usai sekolah.-Faizal Pamungkas)-

Misalnya, sekolah yang menolak prestasi cabor tertentu justru mempertimbangkan aspek perkembangan CPDB. Salah satunya tak tersedia ekstrakurikuler yang mampu mewadahi bakat si anak di sekolah tersebut. Atau mempertimbangkan jarak sekolah, rumah, dan tempat latihan. Dengan demikian, direkomendasikan ke sekolah yang titik lokasinya di tengah.


Calon peserta didik baru untuk jenjang SD negeri di Surabaya , PPDB SDN akan dimulai hari ini -Julian Romadhon-

”Solusinya masih kami rapatkan sore ini (kemarin, Red). Semoga bisa segera mendapat solusi yang paling pas,” tambah Yusuf. 

Seluruh pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan Surabaya selalu mendukung apa yang dibutuhkan para CPDB. Dengan begitu, prestasi mereka dapat terus meningkat. Baik secara akademis maupun nonakademis.

Pendaftaran jalur prestasi rapor dan jalur prestasi lomba telah dibuka sejak Kamis, 16 Juni 2022. Seleksinya pun sudah diatur sedemikian rupa. Untuk jalur prestasi rapor, misalnya, apabila ada kesamaan nilai rapor siswa (NRS), yang diprioritaskan pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Jika masih terdapat kesamaan, akan diukur nilai matematika dan selanjutnya nilai IPA. Apabila ada kesamaan, digunakan urutan waktu pendaftaran.

Demikian pula dengan jalur prestasi perlombaan/pertandingan. Wajib mencantumkan piagam/sertifikat kejuaraan, surat izin/keterangan dari sekolah/klub/instansi pada saat mengikuti perlombaan/pertandingan, dan foto penyerahan hadiah/piala/medali kejuaraan.

Kejuaraan yang diakui paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak pendaftaran PPDB. Penilaiannya dihitung berdasar bobot nilai dikalikan dengan jumlah prestasi yang dimiliki. Apabila ada kesamaan bobot nilai, diprioritaskan kepada pendaftar paling awal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: