Cedera di Piala AFF U-19, Marselino Ferdinan: Akhirnya Harus Istirahat dengan Cara seperti Ini

Cedera di Piala AFF U-19, Marselino Ferdinan: Akhirnya Harus Istirahat dengan Cara seperti Ini

Marselino Ferdinan cedera saat membela Piala AFF U-19..--

SURABAYA, DISWAY - KETAHANAN fisik Marselino Ferdinan akhirnya jebol. Setelah berkelana hampir tiga bulan bersama tim nasional, wonderkid Persebaya itu harus menepi lantaran cedera. 

Ia mendapat cedera hamstring grade dua. Cedera itu didapat saat timnas  Indonesia U-19 melawan Thailand Rabu (6/7) malam. 

Marsel ditarik keluar dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Seusai laga, pelatih Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan bahwa cedera Marsel lumayan serius.

Marsel setidaknya harus absen dua bulan untuk pemulihan. Dengan begitu, adik kandung Oktafianus Fernando tersebut harus keluar lebih cepat dari turnamen.

”Mungkin terlalu capek. Akhirnya harus istirahat dengan cara begini,” seloroh Marsel saat dihubungi Harian Disway Kamis (7/7).

Selepas kompetisi Liga 1 2021 yang berakhir Maret, Marsel memang tidak pulang. Ia langsung mengikuti pemusatan latihan timnas U-23 di Bali. Kemudian, dilanjutkan ke Thailand. Berikutnya, Marsel juga turut ambil bagian pada SEA Games Vietnam. 

Tak sampai pulang, Marsel langsung digenjot untuk gabung ke timnas senior yang tampil di kualifikasi Piala Asia 2023. Seusai Indonesia memastikan lolos ke putaran final, Marsel tak serta-merta bisa beristirahat. 

Ia bergabung dengan rekan-rekannya yang bertanding di Piala Presiden di Bandung. Ia sempat tampil di dua laga saat lawan Bali United dan Persib Bandung.  

Setelah dari sana, tugas negara kembali memanggil. Shin Tae-yong menyuruhnya berangkat ke Jakarta untuk pemusatan latihan timnas U-19.

BACA JUGA: Marselino Ferdinan Cedera, Manajer Persebaya: Levelnya Sudah Senior Harusnya Tak Dipaksakan di AFF U-19

Marsel sempat meminta dispensasi terlambat gabung. Seharusnya ia gabung pada 20 Juni, tapi ditawar 24 Juni. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu hanya menoleransi waktu dua hari. Pada 23 Juni ia sudah bergabung di Jakarta. 

Di Piala AFF U-19, Marsel menjadi tumpuan. Ia main penuh sejak pertandingan pertama lawan Vietnam, kemudian Brunei Darussalam. Dan, saat lawan Thailand, pertahanan fisiknya jebol. Ia terkena hamstring kaki kanan. ”Doakan saja semoga segera pulih,” ungkapnya.

BACA JUGA: Main di AFF U-19, Marselino Ferdinan Termotivasi Tambah Koleksi Trofi

Manajemen Persebaya telah berkomunikasi dengan PSSI terkait cedera Marsel itu. Manajer Persebaya Yahya Alkatiri meminta agar Marsel bisa dirawat di Surabaya. Tim fisio Persebaya akan memantau dan memastikan pemulihan lebih cepat.

”Kami minta balik ke klub saja. Biar teman-teman fisio yang menangani di sini,” ujarnya.(*)

Sumber: