Marselino Ferdinan Cedera, Manajer Persebaya: Levelnya Sudah Senior Harusnya Tak Dipaksakan di AFF U-19

Marselino Ferdinan Cedera, Manajer Persebaya: Levelnya Sudah Senior Harusnya Tak Dipaksakan di AFF U-19

Yahya Alkatiri saat diperkenalkan sebagai manajer baru Persebaya.--

SURABAYA, DISWAY - KABAR cederanya Marselino Ferdinan saat membela timnas Indonesia di Fiala AFF U-19 membuat Persebaya geram. Sebab, bukan kali ini saja para bintang Persebaya pulang membawa cedera saat membela negara.

 

Wajar jika Persebaya geram. Sebab selain Marsel, ada sejumlah nama lain yang mendapati hal serupa. Bahkan, cedera beberapa pemain parah. Harus menepi cukup lama. Ada juga yang kemudian menjadi cedera kambuhan.

 

Yang paling menyakitkan tentu Koko Ari Araya. Ia mengalami cedera ACL di timnas. Ia harus menepi hampir semusim penuh. Cedera terjadi saat ia mengikuti training center timnas kelompok umur. 

 

Pun demikian dengan kiper Ernando Ari Sutaryadi. Ia mengalami cedera di bahu. Cedera itu sering kambuh.

 

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri menyebutkan, kasus pemainnya yang cedera di timnas seharusnya menjadi bahan evaluasi. Kasus Marsel, misalnya. Ia seharusnya tidak perlu di pasang di AFF U-19. Sebab, level Marsel sudah bermain di timnas senior.

 

BACA JUGA: Cedera di Piala AFF U-19, Marselino Ferdinan: Akhirnya Harus Istirahat dengan Cara seperti Ini

 

”Selain itu, sistem TC jangka panjang merugikan klub. Harusnya kita semua fokus mengembangkan kekurangan klub, bukan malah dibuat alasan, karena klub kurang lengkap fasilitasnya, akhirnya perlu dilakukan TC jangka panjang,” jelas Yahya. Padahal, TC jangka panjang sudah banyak ditinggalkan negara-negara maju di dunia.

 

BACA JUGA: Deal! Rizky Ridho Perpanjangan Kontrak, Bertahan di Persebaya Hingga Akhir Musim

 

Mungkin Persebaya bisa menerima itu bagian dari konsekuensi membela negara. Namun, yang menjengkelkan bagi Persebaya adalah sikap PSSI yang kerap tak memberikan dispensasi kepada klub berjuluk Bajol Ijo itu ketika sejumlah pemainnya dipanggil timnas.

 

Sebagaimana diketahui, selama ini Persebaya termasuk tim yang paling banyak menyumbangkan pemain ke timnas. Pernah lima pemain utama Persebaya dipanggil timnas dalam kondisi liga sedang berjalan.(*)

Sumber: