Rewatch Drakor The Producers, Tontonan Wajib Buat Fans 2 Days & 1 Night

Rewatch Drakor The Producers,  Tontonan Wajib Buat Fans 2 Days & 1 Night

CINTA SEGI EMPAT menjadi bumbu kisah The Producers. Drama yang menceritakan perjuangan para produser KBS itu dibintangi, dari kiri, IU, Cha Tae-hyun, Gong Hyo-jin, dan Kim Soo-hyun. -KBS2TV-

SIAPA yang demen menonton 2 Days & 1 Night? Acara ragam itu menjadi sangat populer di Asia Tenggara dalam dua tahun terakhir. Berkat Kim Seon-ho. Setelah penampilan gemilang dalam Start-Up, fans mulai menonton karya-karyanya yang lain. Termasuk 2 Days & 1 Night. Kim Seon-ho menjadi anggota Season 4 yang tayang mulai Desember 2019.

Jauh sebelum Kim Seon-ho meroket, 2 Days & 1 Night (atau dalam bahasa asli berjudul Ilbakil) sudah sangat populer. Dibuat dengan jenius oleh producer-director (PD) Na Young-seok dan penulis Lee Woo-jung. Dibintangi komedian Kang Ho-dong dan Lee Soo-geun, aktor kesayangan publik Korea Lee Seun-gi, serta anggota idol group Eun Ji-won dan Kim Jong-min.  

Episode perdananya dirilis pada 2007. Bisa dibilang, ia adalah salah satu variety show dengan durasi tayang paling panjang di Korea.

Tapi, sudah bukan rahasia pula bahwa variety show ini akrab sekali dengan skandal. Mulai dari yang ’’ringan-ringan’’ seperti lupa mengedit cast member yang tengah merokok, sampai cast member yang tersandung masalah hukum. Kang Ho-dong kena kasus pajak. Sedangkan Soo-geun judi ilegal. Mereka mundur pada 2012.  

Musim ketiga bahkan dihentikan sepenuhnya gara-gara anggotanya kena kasus pelecehan seksual serta terseret skandal Burning Sun. Ruwet pokoknya.

Produser Musim Kelima

Dari masalah-masalah seperti itulah premis The Producers dibangun. Ceritanya, show itu sudah jalan sampai musim keempat. Cha Tae-hyun diplot sebagai pemeran utama. Ia memerankan Ra Joon-mo, producer director (PD) utama 2 Days & 1 Night musim keempat.

Member-nya adalah para selebriti perempuan yang sudah senior. Seperti aktris top Yoon Yuh-jung, Hwang Shin-hye, Geum Bo-ra, dan penyanyi Hyun Young. Namun, setelah setahun, musim itu dihentikan karena rating-nya jelek sekali. Joon-mo harus membuat konsep baru, dengan cast member baru, dan permainan-permainan baru.

Saat mengonsep musim kelima, timnya mendapat tambahan produser muda, Baek Seung-chan (diperankan Kim Soo-hyun). Calon jaksa yang malah masuk Divisi Entertainment KBS gara-gara mengejar seorang produser cewek. Seung-chan brilian, tapi sangat parah sebagai produser. Yang menyelamatkan dirinya adalah keberuntungan level dewa.  


PLOT ala Notting Hill, yakni antara penyanyi top Cindy (IU, kiri) dan produser anyaran Baek Seung-chan (Kim Soo-hyun) membuat penonton gemas. -KBS2TV-

Berkat Seung-chan, tim Joon-mo berhasil mendapatkan Cindy (IU), solois perempuan paling top saat itu, sebagai anggota Ilbakil musim kelima. Belakangan, diketahui bahwa Cindy naksir Seung-chan. Namun, bocah pendiam itu malah menyukai seniornya, Tak Ye-jin (Gong Hyo-jin), teman masa kecil Joon-mo. Sekaligus produser Music Bank. Sementara Ye-jin diam-diam menyukai Joon-mo.

Serial Dokumenter

Terlepas dari romance segi empat antara tiga produser dan satu selebriti itu, fans 2 Days & 1 Night pasti sangat menikmati background story yang dibangun penulis Park Ji-eun dan Kim Ji-sun. Apalagi, desain set dan eksekusi plot yang dijalankan sutradara Seo Soo-min dan Pyo Min-soo juga semakin memanjakan penonton.

Ya, mereka seperti membuka ’’dapur’’ produksi variety show tersebut. Apa saja situasi yang dihadapi para produser, mulai dari rapat menyusun tema, berangkat syuting, selama syuting, hingga proses editing yang berdarah-darah, diperlihatkan. Alih-alih drama, kita seperti disuguhi serial dokumenter tentang Ilbakil.

Situasi lucu muncul dari hal-hal tersebut. Misalnya, sebelum berangkat syuting perdana, Seung-chan mendapatkan arahan dari seniornya. Soal barang-barang pribadi yang akan dibawa.

’’Enggak perlu bawa sikat gigi. Enggak bakal sempat. Apa ini? Sampo dan kondisioner? Sikat gigi aja nggak sempet! Apalagi keramas. Bawa buku bacaan pengantar tidur? Enggak perlu. Kamu nggak bakalan bisa tidur,’’ si senior merepet. ’’Bawa saja mi cup dan jajanan yang banyak. Soalnya nggak ada yang bakal ngasih kamu makan,’’ tambahnya.

Syuting Ilbakil berlangsung sampai pukul 2 pagi. Member harus tidur di luar ruangan, bahkan saat salju turun. Kadang, ada member yang harus berjalan kaki ke basecamp. Mereka ditemani satu juru kamera dan satu produser. Itu semua benar-benar digambarkan dalam The Producers.

Hal-hal di balik layar yang terjadi saat kamera tidak rolling juga diekspos. Ada selebriti tidak mau syuting sampai malam. Ada penyanyi yang ogah makan kaldu karena takut gemuk. Ada yang enggan masuk ke air. Padahal itu adalah hal-hal yang justru menjadi khasnya Ilbakil.

Banyak sekali referensi dunia hiburan Korea yang secara cermat ditempatkan di berbagai situasi untuk mendukung plot. Mulai dari penyebutan nama-nama artis dan produser terkenal. Hingga munculnya cameo yang luar biasa. Sejak episode pertama, kita sudah disuguhi penampilan singkat beberapa member Girls Generation. Ceritanya, mereka sedang rekaman di gedung KBS.


PARA CAMEO yang sempat muncul di The Producers. Ada Lee Seung-gi (foto kiri), Jisoo, Minwoo, dan Sandara Park (tengah), dan aktris senior Youn Yuh-jung (kanan) pernah tampil di drama tersebut. -KBS2TV-

Para cameo anggota Ilbakil juga mendapat porsi cerita yang pas. Misalnya terkait Youn Yuh-jung. Baru lima jam jadi karyawan KBS, Baek Seung-chan sudah disuruh memecat aktris senior nomor satu di Korea (yang kini berstatus pemenang Oscar) tersebut. Anggota idol group terkenal, Sandara Park (2NE1), Minwoo (Winner), hingga Jisoo (BLACKPINK) juga muncul sebagai member musim baru.

Ada juga Park Jin-young, founder JYP yang merundung Joon-mo. Pada episode 6, ada penampilan spesial Lee Seung-gi, yang sedang mengisi acara di KBS. Lucunya, ia diceritakan menjaga citra good guy-nya secara berlebihan. Kehadiran puluhan cameo itu tidak hanya menambah unsur komedi. Tapi juga memperkuat cerita.  

The Producers berhasil membawa situasi ruang produksi variety show KBS dengan sangat otentik. Dan itu wajar. Karena drama tersebut tidak diproduksi oleh Divisi Drama KBS. Melainkan Divisi Entertainment. Cha tae-hyun aslinya juga yang juga merupakan anggota Ilbakil musim ketiga. Sedangkan syutingnya benar-benar dilakukan di dalam gedung KBS (tepatnya di Divisi Entertainment) di Yeouido. Alhasil, di luar plot cinta segi empat, akurasi background-nya sangat tinggi.  

So, The Producers sangat saya rekomendasikan buat fans 2 Days & 1 Night. Sangat enjoyable. Tak peduli kalian sekarang masih menonton atau tidak. Hehehe… (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: