Ulang Tahun Berkado Bambu

Ulang Tahun Berkado Bambu

SI IMUT, Huanlili, menikmati potongan bambu saat ulang tahun pertamanya di Kebun Binatang Beufal, Saint-Aignan-sur-Cher, Prancis, Selasa, 2 Agustus 2022.-GUILLAUME SAUVANT-AFP-

PESTA ini memang cukup spesial. Yakni, ulang tahun Yuandudu dan Huanlili, panda kembar yang lahir di Kebun Binatang Beuvan, Saint-Aignan-sur-Cher. Kelahiran mereka pada 2 Agustus 2021 begitu istimewa. Sebab, jarang sekali ada panda raksasa yang melahirkan di luar habitat mereka di Tiongkok.

 

Karena itu, perayaan ulang tahun itu digelar secara khusus, Selasa 2 Agustus 2022. Sebuah kue tart diberikan kepada Huanlili dan Yuandudu. Komplet dengan camilannya. Yakni, potongan bambu.

 

Huanlili dan Yuandudu adalah anak Yuan Zi dan Huan Huan, sepasang panda yang dipinjamkan oleh Tiongkok sepuluh tahun silam. Mereka tampaknya kerasan di Prancis. Buktinya, sampai punya anak. Bahkan, mereka pernah punya anak kembar pada 2017. Tetapi, hanya satu yang bertahan hidup.


SI KEMBAR saat baru berusia 11 hari, 13 Agustus 2021. Saat itu, mereka baru bernama Bunga Kapas dan Butiran Salju Kecil.-GUILLAUME SAUVANT-AFP-

 

Saat baru lahir, panda imut itu diberi nama Fleur de Coton (Bunga Kapas) dan Petite Neige (Butiran Salju Kecil). Biasanya, panda yang lahir di luar negeri harus diberi nama oleh Ibu Negara Tiongkok. Tetapi, tahun lalu, Peng Liyuan, istri Presiden Xi Jinping, menyerahkan penamaan itu kepada warga Prancis.

 

Akhirnya, melalui jajak pendapat online pada 122 ribu warga Prancis, muncullah nama Yuandudu dan Huanlili. Upacara pergantian nama itu dilakukan oleh bintang sepak bola Prancis Kylian Mbappe dan atlet lompat indah Tiongkok, Zhang Jiaqi.

 

Selamat ulang tahun… (Doan Widhiandono)


PEMBERIAN NAMA oleh Kylian Mbappe (kanan) dan Zhang Jiaqi pada 18 November 2021.-GUILLAUME SAUVANT-AFP-

Sumber: