Kolonel Laut (P) Andike, Komandan Upacara HUT RI di Istana, Jadi "Lebih Tua" Lima Tahun

Kolonel Laut (P) Andike, Komandan Upacara HUT RI di Istana,  Jadi

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia-Screenshot YouTube Setpres-

Ini tahun kebanggan bagi Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia. Ia dipercaya menjadi komandan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka. Bertugas langsung di depan Presiden Indonesia Joko Widodo.

---

BANGGA, bahagia, dan bersyukur. Itu yang dirasakan Andike saat ini. Mendapat tugas menjadi komandan upacara di Istana Merdeka pada 17 Agustus tentu sebuah kesempatan super langka. Ia begitu lega setelah menyelesaikan tugas dengan sempurna.   

"Saya sering menjadi komandan upacara. Tapi, baru kali ini di Istana Merdeka. Atmosfernya sangat beda,” ujar pria kelahiran Bukittinggi  itu. 

Bagi Andike, menjadi kebanggaan tersendiri bisa tampil langsung di hadapan presiden dan para tokoh nasional. Ia juga tak menyangka bisa mendapat kesempatan emas itu. Mengingat seleksinya pun ketat, dari level daerah, matra, hingga pusat.

Andike terpilih dari empat calon yang lolos ke final. Tiga kandidat lainnya tak kalah hebat. Mereka adalah Kombes Hari Purnomo (Kasubdit Kom Satpam/Polsus Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri), Kolonel Pnb. Agni Prayogo (Danwing 4 Lanud ATS),  dan Kolonel Inf. Donny Pramono (Dangrup-3/Sandhi Yudha Kopassus).


Kolonel Andike dan istrinya, Mia Andike.-Instagram @andike_98mc-

Suami Mia Andike itu saat ini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut, Komando Pendidikan Operasi Laut, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Danpusdikpel Kodikopsla Kodiklatal). Jabatan itu sudah diemban sejak November 2021.

Sebelumnya, ia bertugas menjadi Komandan Lanal Kendari di bawah Lantamal IV Makassar. Dan Komandan Detasemen Markas Komando Armada II Surabaya pada 2020.

Ia merasa tidak ada kesulitan pada seluruh seleksi yang telah diikuti. Kesulitan itu kalah oleh niat yang tulus. Sebab, Andike menganggap seleksi itu bukan kompetisi. Melainkan ajang untuk menunjukkan performa yang maksimal.

"Nggak ada yang sulit karena saya anggap seperti itu. Yang penting, Bismillah. Tetap semangat untuk menampilkan yang terbaik,” tandas penghobi road bike ini.  Selain itu, Andike hanya fokus pada tahapan seleksi yang harus dikerjakan. Tanpa peduli hasilnya nanti.

Di era Presiden Jokowi, komandan upacara pertama yang berpangkat kolonel laut (P) adalah Hariyo Poernomo. Yakni saat pelaksanaan upacara kemerdekaan di Istana Merdeka pada 2019 lalu. 

"Iya, jadi sungguh luar biasa, karena kesempatan ini nggak pernah datang dua kali,” ucap lulusan Akademi Angkatan Laut 1998 itu. Meski demikian, Andike sama sekali tak merasa gugup saat bertugas, kemarin. Sebab, rasa gugupnya sudah dihabiskan saat geladi bersih di Cibubur dan Istana Merdeka sebelumnya.

Artinya, ia sudah siap secara fisik dan mental. Itu dibuktikannya sendiri. Nihil kesalahan teknis. Komando yang diberikan sangat jelas dan tegas. Langkah kakinya pasti.

Apalagi saat momen upacara baru dimulai. Tangan kanannya mengambil sabel atau pedang dari sarung di pinggang kirinya. Terlihat begitu gagah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: