IKA UNAIR Cabang Sidoarjo Guyub Rukun dengan Silaturahim

IKA UNAIR Cabang Sidoarjo Guyub Rukun dengan Silaturahim

--

IKA UNAIR Cabang Sidoarjo yang terbentuk 15 Desember 2018 telah memasuki periode kedua. Selama hampir empat tahun terbentuk, komunitas alumni ini telah melakukan banyak aktivitas. Terakhir, digelar Temu Kangen.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu dirayakan IKA UNAIR Cabang Sidoarjo untuk mempererat tali silaturahmi antar-anggota. Sekaligus memperkenalkan salah satu ikon pariwisata di Sidoarjo.

Maka dipilihlah mancing bareng (mabar) dengan lomba untuk mengisi agenda Temu Kangen, pada Minggu, 22 Agustus lalu, di Mega Prima Fishing Kalang Anyar Sedati. ”Kami memilihnya karena lokasinya nyaman, masakan yang lezat, ada tempat pertemuan yang memadai, toilet yang bersih, punya display olahan tambak yang menarik, dan banyak sudut yang Instagrammable,” kata Ketua IKA UNAIR Cabang Sidoarjo drg Abdullah Khizam.
Semua yang hadir dalam Lomba Memancing dan Temu Kangen Anggota IKA UNAIR Cabang Sidoarjo pada 22 Agustus 2022 di Mega Prima Fisihing Kalang Anyar Sedati, foto bersama.

Namun yang pasti, IKA UNAIR Cabang Sidoarjo ingin mendukung Sidoarjo sebagai kabupaten yang kaya akan hasil tambak. Olahan dari ikan dan udang sangat bervariasi. ”Ada sate ikan bandeng yang sangat lezat, krupuk ikan payau (bandeng lanang) yang menggoda, dan macam-macam,” katanya.

Diikuti oleh 17 peserta, lomba tak hanya diikuti untuk memburu hadiah. Namun anggota punya tujuan masing-masing. Beberapa anggota yang membawa keluarganya memanfaatkan kesempatan untuk having time.

Ada juga yang ingin me time dengan duduk santai di pinggir kolam pemancingan.  Ada yang ingin healing merasakan angin tambak. ”Saya sih niatnya ingin menang. Dari rumah saya siap membawa pancing, topi, dan kursi sendiri. Eh ternyata gagal,” kata Wardoyo, anggota, diikuti tawa.

Dijelaskan oleh Humas Arief Bowo, selain bersilaturahmi, acara itu penting untuk menjaring anggota dan meningkatkan keaktifan anggota dari Kecamatan Sedati, Waru, Gedangan, dan Buduran. ”Oleh karena itu panitia lomba lebih banyak berasal dari generasi muda keempat kecamatan tersebut,” katanya. 

Hasil lomba yang digelar sejak pukul 09.00 itu akhirnya dimenangkan Adi Wibowo dari FISIP. Ia mendapatkan ikan tercepat pada menit ke-26. Sementara dalam kategori ikan terberat dimenangkan oleh Igbal dari FKG yang berhasil memancing ikan berbobot 458 gram. ”Kamis siapkan uang sebesarRp 500 ribu buat pemenang,” kata Lydia Sari, Kabid Pengembangan Organisasi dan Jejaring.

Tentang acara tersebut, Wakil Ketua IKA UNAIR Sidoarjo Berlian, sangat senang.”Kita harus semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik dan berguna bagi masyarakat,” kata pemilik Klinik Layar Husada Sidoarjo itu.

Senada, Wakil Rektor Universitas Trunojoyo Deni yang juga pendamping PC Sidoarjo mengingatkan bahwa semua harus tetap guyub dan rukun dalam berteman dan berorganisasi.

Dalam kesempatan itu para anggota memanfaatkannya sebagai ajang promosi usaha. Saat perkenalan, mereka memperkenalkan kegiatan bisnis masing-masing, selain tentang profesi dan aktivitas. 

”Panitia senang karena beberapa anggota memberikan hasil UMKM dan usaha sebagai doorprize acara. Ada sambal Mak Dora yang sudah diekspor ke negara tetangga. Ada beras merah sehat dengan sistem pertanian organik. Ada kosmetik yang aman dari Ning Silvi FEB,” kata Lydia.

Tak lupa dilanjutkan dengan perkenalan program kerja. Di antaranya akan dilaksanakan city tour untuk meningkatkan pariwisata Sidoarjo, cangkrukan di setiap kecamatan, baksos, pembentukan koperasi serta peningkatan keterampilan UMKM anggota dan masyarakat.

Dipandu dengan santai oleh tiga alumni dari FISIP -Ning Dyandra, Cak Eko, dan Ning Lien Shinta- semua anggota merasa momen tersebut sangat membahagiakan. ”Saya bahagia sekali bisa bersama teman-teman. Semoga setelah ini kita akan terus berkarya agar bermanfaat bagi masyarakat Sidoarjo dan bagi organisasi,” ujar Ning Iin, dokter gigi yang menjadi salah seorang penasihat IKA UNAIR Sidoarjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: