Cheng Yu Pilihan Pengusaha Tirto Santoso: Zhi Qi Ran Zhi Qi Suo Yi Ran

Cheng Yu Pilihan Pengusaha Tirto Santoso: Zhi Qi Ran Zhi Qi Suo Yi Ran

Cheng Yu Tirto Santoso--

TIRTO Santoso alias Li Yisan 黎毅三 selalu merendah. Padahal ia bisa menjelaskan panjang lebar banyak hal, tapi masih saja bilang, "知其然而不知其所以然" (zhī qí rán ér bù zhī qí suǒ yǐ rán): hanya tahu kulitnya, tidak tahu isinya. Kendati, seperti dikatakan pepatah Mandarin kebalikannya, ketua Kong Siauw Hwee Kwan Surabaya (泗水广肇会) itu sebenarnya "知其然知其所以然" (zhī qí rán zhī qí suǒ yǐ rán): tahu kulitnya, tahu juga isinya.

Apalagi soal durian. Kebun duriannya di Trawas, daerah pegunungan Mojokerto selatan, luasnya 10 hektare. Jenis super semua. Musang King yang andalan Malaysia, yang mahal sekali harganya, Pak Tirto punya 100 pohon. Tahun lalu sudah berbuah. Uniknya, ia menemukan teknik menanam durian yang setahun bisa panen 3-4 kali.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Seniman Rasmono Sudarjo: Ren Xin Po Ce

Dijual ke mana Musang King-nya? Habis dibagi-bagikan kepada teman-temannya. Founder Harian Disway Dahlan Iskan termasuk yang kebagian. Pengasuh rubrik ini belum hoki: kapan hari ke kebunnya, masih berbunga. Gagal mencoba menikmati Musang King ala Abah: setengah disedot pelan-pelan, kalau bisa sambil memejamkan mata, biar tidak ingat mertua. "Nanti ke sini lagi," kata Pak Tirto.

Tentu kami tak sabar ingin ke kebun durian Pak Tirto kembali. Yang sangat tertata rapi. Yang pagar tembok mengelilingi. Yang gerbangnya berarsitektur Bali. Yang begitu masuk, mobil antik yang dipajang di kanan gerbang dan vila yang menghadap Gunung Penanggungan di puncak kebunnya membikin iri.

Saat muda, Pak Tirto memang hobi balap. Sekarang pun, selain senang naik-turun kebun, ia masih suka menggeber mobil-mobilnya. Di tengah kesibukannya mengelola pabrik kecap dan bumbu-bumbu masak bermerek AAA, Pak Tirto juga aktif dalam Forum Beda tapi Mesra (FBM), sebuah wadah komunikasi bagi insan lintas agama untuk saling belajar mengenal, mengerti, memahami, dan menghargai serta menghormati perbedaan satu sama lain. (*)

Sumber: