Simpang Susun ke GBT Tuntas 10 September

Simpang Susun ke GBT Tuntas 10 September

STADION Gelora Bung Tomo yang akan digunakan untuk pertandingan Kualifikasi Piala AFC U-20, 14-18 September 2022.-BOY SLAMET-Harian disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Denyut Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) kembali berdetak sejak laga perdana persahabatan jelang liga 1 pada 23 Mei lalu. Yakni saat Persebaya menjamu Persis Solo. Jalan Jawar yang menjadi satu-satunya akses menuju stadion macet total.

”Tapi, saat laga terakhir lawan PSIS Semarang lumayan lancar karena agak sepi,” ujar Facri Amala kepada Harian Disway, Rabu, 31 Agustus 2022. Bonek asal Dupak itu kerap terjebak kemacetan di Jalan Jawar. 

Arus dua arah tetap berlaku. Namun, arus kendaraan menuju stadion lebih mendominasi ketimbang arus sebaliknya. Kendaraan berjejal di Jalan Jawar yang sempit itu.  

Hal itu lumrah terjadi tiap kali ada pertandingan. Padahal, ”PR” itu harus segera dirampungkan. Mengingat Stadion GBT akan menjadi ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14-18 September nanti. Lalu, bagaimana solusinya?


RELIEF pahlawan nasional Bung Tomo di pintu utama Stadion Gelora Bung Tomo.-BOY SLAMET-Harian disway-

Rupanya, Pemkot Surabaya telah mengebut pengerjaan akses jalan lain, yakni Jalan Simpang Susun Romokalisari yang telah menjadi PR cukup lama. Kini progress-nya masih mencapai 54 persen. Dan ditarget tuntas pada 10 September nanti.

”Akses kami target sudah bisa difungsikan sepuluh hari lagi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Adi Gunita, Rabu, 31 Agustus 2022.

Adi memastikan penggarapannya sesuai target. Menurutnya, akan ada jeda empat hari sebelum finishing. Yakni untuk mengecek ulang hal-hal yang kurang. Misalnya, seperti pemenuhan aksesoris di sepanjang jalan.

Jalan Simpang Susun itu dikerjakan oleh sejumlah pihak. Di antaranya, PT Margabumi Matraraya (PT MBMR) sebagai pengelola jalan tol. Kini, progress-nya sudah sekitar 54 persen. 

Kemudian, pekerjaan dari PT Pelindo mencapai 60 persen. Sedangkan, pekerjaan dari PT Mitra Karya Multiguna sudah mencapai 48 persen.

Ketiga pihak itu pun optimistis menuntaskan pada 10 September nanti. Artinya, sebelum kualifikasi Piala AFC U-20 digelar, akses jalan sudah bisa dilalui.

Sejauh ini, Jalan Jawar memang menjadi akses andalan menuju Stadion GBT. Tapi, untuk keperluan event internasional ada durasi yang harus dicapai dari penginapan ke venue pertandingan.

Maka Jalan Tol Romokalisari lah yang paling realistis. Peserta bisa turun dari Simpang Susun Tol Romokalisari langsung menuju ke Stadion GBT. ”Untuk penonton ada beberapa akses. Bisa nanti dilewatkan flyover Teluk Lamong milik PT Pelindo,” jawabnya.

Namun, kata Adi,  jalan menuju Stadion GBT setelah turun dari Simpang Susun Romokalisari itu memang tidak diaspal. Meski demikian, kondisi jalan sepanjang 2 kilometer itu cukup nyaman untuk dilewati kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: