Kekhawatiran di Balik Debut Solo Xiumin EXO

Kekhawatiran di Balik Debut Solo Xiumin EXO

IMAGE BARU yang dibangun Xiumin dalam klip video Brand New. Lagu itu adalah single pertama dari album mini berjudul sama yang dirilis Senin lalu (26/9). -SM Entertainment via NME-

SEOUL, Harian Disway - Senin, 26 September 2022 lalu mungkin jadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh Xiumin. Sekaligus paling bikin deg-degan. Member EXO itu akhirnya merilis karya solo. Yakni mini album bertajuk Brand New. Dengan single utama berjudul sama.

Tak sampai 24 jam, pada Selasa siang waktu setempat, Brand New telah menduduki posisi nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Albums di 33 region. Di antaranya Kanada, Spanyol, Brazil, Meksiko, Arab Saudi, hingga Norwegia. Juga di negara-negara Asia. Mulai dari Vietnam, Filipina, Singapura, Thailand, Hongkong, Taiwan, serta Indonesia.  

’’Aku setengahnya excited, tapi setengahnya lagi nervous,’’ kata Xiumin, ketika menggelar konferensi pers virtual Senin lalu. ’’Kurasa, album solo ini akan menjadi titik balik buatku untuk bertumbuh ke level yang lebih tinggi. Seperti judulnya, Brand New, aku bekerja keras untuk menunjukkan citraku yang baru,’’ paparnya.  

Album solo perdana Xiumin ini berisi lima lagu dari berbagai macam genre. Style-nya mengajak kita mengenang kembali kejayaan musik pada dekade 1990an dan 2000an awal. Seperti hook, new jack swing, hingga retro ballad. Lagu Brand New sendiri dikemas dengan klip video bernuansa summer dengan gaya hook dan dance yang energik. Sehingga membuat penggemar ketagihan.

Xiumin menjadi member ketujuh EXO yang merilis karya solo. Ia mengikuti jejak Chen, Baekhyun, Lay, dan Suho yang telah lebih dulu berkarier solo beberapa tahun lalu. Sedangkan Kai dan D.O merilis album solo beberapa bulan lalu.

Sebelum debut solo, Xiumin sudah sering menyanyi solo. Yakni saat mengisi soundtrack drama. Seperti You Are the One dalam drama web Falling or Challenge (2015) yang juga ia bintangi. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Chen untuk mengisi soundtrack drama Scarlett Heart Ryeo dengan judul For You. Plus soundtrack drama Mr. Queen yang berjudul To My One and Only You.

Dalam video behind the scene di kanal YouTube ofisial EXO, penyanyi bernama asli Kim Min-seok itu mengaku bahwa ia telah menyiapkan debut solo ini dalam waktu lama. ’’Aku ingin mempersembahkan lagu-lagu yang bagus buat fans. Demi meningkatkan vokal, aku juga mengambil kelas menyanyi. Sehingga butuh waktu lama,’’ tuturnya.

’’Tapi aku sangat menantikan album solo pertamaku ini. Sebenarnya aku juga sangat khawatir, karena ini pertama kalinya aku menggarap album solo tanpa para member lainnya,’’ sambung pria berusia 32 tahun itu.

Untuk meredam kegugupan, Xiumin menggandeng Mark NCT untuk berkolaborasi. Ia turut mengisi vokal dalam lagu How We Do. Lagu itu menampilkan musik bergaya new jack swing dari era 90an. Tak hanya nge-rap, Mark juga ikut dalam penyusunan komposisi musik.

’’How We Do mengandung banyak bagian rap. Dan aku tidak pede melakukannya sendirian,’’ Xiumin mengaku. ’’Lagu itu bagus banget. Tapi aku butuh mengerjakannya bareng orang lain. Sebenarnya aku terpikir Sehun (EXO), tapi kayaknya ia sibuk syuting drama,’’ paparnya.

Maka, pilihan kedua jatuh kepada Mark. Lima tahun lalu, mereka pernah berkolaborasi dalam lagu Young & Free. Xiumin menelepon Mark, dan sahabatnya itu langsung mau. ’’Dalam lima tahun, Mark juga berkembang pesat sekali. Aku memikirkan, lagu How We Do bakal bersinar berkat Mark. So, aku sangat menantikannya,’’ papar Xiumin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi