TNI-AL Latihan Bareng Tentara Filipina

TNI-AL Latihan Bareng Tentara Filipina

PANGKOARMADA II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat (kanan) saat secara simbolis mengalungkan pita kepada tentara Filipina untuk membuka secara resmi latihan bersama dua negara itu.-Humas Koarmada II-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- TNI Angkatan Laut melakukan latihan bersama (latma) Maritime Training Activity (MTA) Philindo dengan The Philippine Navy. Latihan itu dilakukan mulai 2 hingga 8 Oktober 2022. Itu dilakukan untuk menjalin hubungan kerja sama militer matra laut aspek naval warfare.

Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat pun sempat mendapat kunjungan kehormatan dari The Naval Inspector General (TNIG) Major General Jonas R. Lumawag. Kunjungan dilakukan di Lounge Majapahit Koarmada II, Surabaya, Senin, 3 Oktober 2022.

Rangkaian pertemuan Angkatan Laut kedua negara itu akan dilanjutkan dengan kegiatan di action speed tactical training (ASTT) Puslatlekdalsen Kodiklatal selama lima hari. 

”MTA Philindo-22 merupakan latihan bersama antara TNI-AL dan Philippine Navy. Itu dilakukan sebagai upaya peningkatan profesionalisme personel Angkatan Laut kedua negara. Serta, dalam menjaga dan mengamankan perbatasan laut,” kata jenderal bintang dua itu.

Latihan bersama itu akan melibatkan unsur-unsur KRI Koarmada II. Di antaranya, KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, dan KRI Makassar-590. Sedangkan dari Philippine Navy, akan dilibatkan kapal frigat. Yakni, BRP Jose Rizal (FF-150). 

Latma MTA Philindo-22 di Puslatlekdalsen itu akan dipimpin langsung oleh Komandan Pusat Latihan Operasi Laut (Danpuslatopsla) Kolonel Laut (P) Donny Suharto. Ia akan menjabat direktur latihan (Dirlat), sedangkan sebagai Wadirlat dari Philippine Navy, yakni Captain Vincent J. Sabala. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: