Cheng Yu Pilihan Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya: Xue Hai Wu Ya

Cheng Yu Pilihan Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya: Xue Hai Wu Ya

Cheng Yu Hermawan Kartajaya--

HERMAWAN Kartajaya tak mau berhenti belajar. Ia ingin "活到老学到老" (huó dào lǎo xué dào lǎo): hidup sampai tua, belajar sampai tua. Chairman MarkPlus, Inc., tersebut percaya, "学海无涯" (xué hǎi wú yá): lautan ilmu tiada tepinya. 

Tak heran bila Zhang Dai 张岱 (1597-1684), esais-cum-sejarawan era dinasti Ming, mengajukan pertanyaan retoris, "Buku kehidupan bagaimana mungkin selesai dibaca semua?" (世间书怎读得尽 shì jiān shū zěn dú de jìn).

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Y. W. Junardy: Xue Wu Zhi Jing

Karena itu, Hermawan yang punya nama Mandarin Tan Jiu Siek 陈就学 berpesan, "Belajarlah terus sampai ilmumu setinggi rumah."

Tentu, belajar tidak melulu mesti di instansi pendidikan. Ilmu bisa didapat di mana-mana. 

Apalagi, dengan makin majunya teknologi, kian mudah dan murah pula pengetahuan diperoleh dari segala penjuru. Tidak ada lagi pembeda antara pelosok dengan kota; yang penting tersambung internet, semua bisa "kuliah" di universitas ternama dunia.

Beda dengan Hermawan doeloe. Yang akses terhadap sumber keilmuan masih sangat terbatas. 

Maka, jika kehidupan yang serbasulit menghasilkan seorang Hermawan, mestinya tak ada alasan untuk tidak lahir "Hermawan-Hermawan" baru di zaman kiwari.

Boleh jadi, Hermawan muda memilih pindah dari ilmu teknik (ITS) ke ilmu sosial (Ubaya) dan hingga kini, menekuni profesi sebagai konsultan marketing ketimbang sebagai direktur pemasaran PT HM Sampoerna, disebabkan oleh keinginannya untuk menularkan ilmu seluas-luasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: