Centang Biru Harus Bayar, Kebijakan Anyar Elon Musk di Twitter

Centang Biru Harus Bayar, Kebijakan Anyar Elon Musk di Twitter

Elon Musk membawa wastafel saat memasuki kantor Twitter.-Twitter-

KEMUDI Twitter belum lama beralih kepada Elon Musk. Tetapi, gebrakan demi gebrakan sudah dilakukannya. Yang teranyar, ia menetapkan tarif untuk orang yang ingin mendapatkan centang biru (terverifikasi) pada akunnya. Besarnya USD 8 per atau sekitar Rp 125 ribu per bulan.

 

Sebelumnya, Musk memang mengeluarkan duit USD 44 miliar (sekitar Rp 688 triliun) untuk membeli Twitter. Karena itu, begitu kendali di tangannya, banyak yang berubah. Sebelumnya ia sudah mengganti beberapa pucuk pimpinan Twitter. Ia juga terus menggodok cara menghilangkan spam/scam di media sosial tersebut.

 

Kabar bahwa akun terverifikasi tak lagi gratis sebenarnya sudah muncul sebelumnya. Tujuannya bukan semata-mata meraup uang, tetapi memberikan servis lebih untuk para pemilik akun centang biru tersebut. Mereka akan mendapat prioritas ketika membalas pesan, mentions, menelusuri Twitter, dan tidak akan dibanjiri iklan di akunnya. Itu, katanya, sebagai bentuk penghargaan terhadap para kreator konten.

 

Dalam cuitannya, pemilik Tesla dan SpaceX itu juga mengatakan bahwa harga tersebut sudah sesuai dengan daya beli pengguna Twitter.

 

Ide itu juga salah satu caranya untuk menghancurkan akun-akun bot yang dikendalikan sistem. Dan jika terlibat penipuan, akun centang biru itu akan bisa ditangguhkan. Dengan begitu, orang jahat yang beraksi di Twitter pun harus mengeluarkan biaya lebih.

 

Musk mengkritik cara lama dalam memverifikasi akun. Dulu, pengguna cukup mengisi formulir online yang singkat. Artinya, siapa pun bisa berpura-pura jadi pesohor dan membikin akun bercentang biru.

 

Dulu, sistem verifikasi itu adalah upaya Twitter setelah mendapatkan banyak kritik. Juga tuntutan hukum. Perusahaan itu dinilai tidak melakukan upaya memadai untuk mencegah penipuan.

 

Tetapi, langkah teranyar Musk itu ternyata tak terlampau mulus. Beberapa perusahaan menunda iklannya di Twitter. Mereka akan mengamati perubahan-perubahan berikutnya di media sosial berlogo burung putih tersebut.

 

Berdasar informasi reporter Morning Brew, Ryan Barwick, Interpublic Group (IPG)-perusahaan periklanan terbesar ke-empat di dunia, menyarankan kliennya untuk menangguhkan pengeluaran untuk iklan di Twitter. (Gusti Ayu Y. D.)

Sumber: