Perseteruan Rusia-Ukraina Merembet ke Israel

Perseteruan Rusia-Ukraina Merembet ke Israel

Perang Rusia - Ukraina bergeser dari Bakhmut ke Laut Hitam-twitter @jGentleman20-twitter @jGentleman20

MOSCOW, HARIAN DISWAY - Rusia marah dengan Israel. Negara yang sedang menginvasi Ukraina itu menebar ancaman dan pembalasan.

Israel memang terang-terangan membela Ukraina. Apalagi Yerusalem berencana mengirim senjata pertahanan ke seteru Rusia tersebut. 

Dua sumber Bloomberg mengatakan hal itu. Namun belum jelas pembalasan apa yang bakal dilakukan Rusia. Bisa jadi serangan fisik, atau ekonomi. 

"Rusia akan merespon jika Israel menyerahkan sistem pertahanan udara secara langsung atau lewat pihak ketiga ke Ukraina," tulis Bloomberg.

Wakil Ketua Dewan Keamanan Federasi Rusia Dmitry Medvedev memperingatkan Israel agar tidak mengirim persenjataan ke Ukraina bulan lalu. Itu bisa memutus semua hubungan diplomatik Rusia dan Israel.

Bayak yang menunggu sikap Israel. Apalagi, musuh Israel: Iran sudah mengirimkan pesawat tak berawak pada Rusia.

Hal ini juga sempat disinggung oleh mantan Perdana Menteri (PM) Yair Lapid pada Menteri Luar Negeri Ukraina bulan lalu. Menurutnya bantuan dari Iran menempatkan seluruh dunia pada bahaya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Israel sudah setuju mengirimkan bantuan peralatan militer ke Ukraina. Salah satunya sistem radio yang diminta pada Februari lalu. 

Pekan lalu, Israel dan Ukraina juga terlibat pembicaraan sama intelijen terkait drone bunuh diri Shahed buatan Iran yang merepotkan Ukraina.

"Kami berjuang melawan serikat besar baru, Rusia dan Iran. Saya sekarang berharap Israel akan membantu kami dan akan bereaksi keras atas hal ini," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: