Cheng Yu Pilihan MICE & MarComm Best Wester Papilio Hotel Surabaya Sianche Ling: Shi Shang Wu Nan Shi, Zhi Pa You Xin Ren

Cheng Yu Pilihan MICE & MarComm Best Wester Papilio Hotel Surabaya Sianche Ling: Shi Shang Wu Nan Shi, Zhi Pa You Xin Ren

Cheng Yu Sianche Ling--

SAAT ditanya apa punya petuah Tiongkok favorit, Sianche Ling langsung tegas menjawab, "Ada." Bunyinya: "世上无难事, 只怕有心人" (shì shàng wú nán shì, zhǐ pà yǒu xīn rén). Artinya: tak ada yang sulit di dunia, asal mau berusaha.

MICE & Marketing Communication Manager Best Western Papilio Hotel, Surabaya, itu tahu wejangan yang termaktub dalam bab 2 novel masyhur Perjalanan ke Barat (西游记 Xī Yóu Jì) tersebut ketika menempuh diploma di Maha Vihara Duta Maitreya, Batam. Dia belajar bahasa dan budaya Tionghoa di sana.

Sianche asli Malang, tapi memilih sekolah di Batam. Dia penganut Buddha yang taat. 

Saat studi di sekolah yang berada di kawasan Batam Center itulah, Sianche mengalami masa sulit. Ada masalah keluarga yang membuatnyi sempat berpikir tidak akan mampu melaluinya. "Saya merasa down. Tapi pepatah itu membuat saya bangkit," katanyi.

"Pepatah itu menguatkan saya bahwa tidak ada yang tidak bisa kita lalui sepanjang ada niat dan tekad," tambah Sianche. 

Berarti, seberapa sulitpun masalah, pasti akan ada jalan keluar bagi mereka yang pantang menyerah.

Dan, sebagaimana juga diamini kitab Caigentan (菜根谭) yang dikompilasi Hong Zicheng 洪自诚, filsuf era dinasti Ming, "Kalau kita mampu bertahan di tengah kesulitan dan masalah hingga akhirnya terselesaikan, maka kita akan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya" (苦心中存常得悦心之趣 kǔ xīn zhōng cún cháng dé yuè xīn zhī qù). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: