Dua Pemain Persebaya Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan Dipanggil Timnas Senior

Dua Pemain Persebaya Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan Dipanggil Timnas Senior

Rizky Ridho ketika berlatih bersama Persebaya.--

SURABAYA, DISWAY - RIZKY RIDHO dan Marselino Ferdinan dipanggil untuk pemusatan latihan (training camp/TC) timnas senior. Dua pemain tersebut sudah harus bergabung dalam TC yang digelar di Jakarta dan Bali pada 28 November sampai 21 Desember. Nama Koko Ari Araya, yang biasanya masuk daftar panggil, kali ini tidak ada.

Pemusatan latihan itu digelar PSSI dalam rangka persiapan tampil di Piala AFF yang akan dilaksanakan pada 22 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Surat panggilan tersebut sudah diterima Persebaya pada Selasa, 22 November 2022.

”Pemanggilan sudah kami terima. Ridho sama Marsel yang berangkat,” terang Manajer Persebaya Yahya Alkatiri.

BACA JUGA:Persebaya Kedatangan Dua Pemain Trial, Aji Santoso: George Brown Menjanjikan

Bagi Marsel, TC kali ini bisa disebut terusan. Sebelumnya, ia bersama timnas U-20 menjalani pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pemusatan tersebut baru berakhir pada Selasa (22/11). 

Pemanggilan itu membuat keduanya dipastikan tak akan bisa memperkuat Persebaya pada lanjutan kompetisi. Apalagi, jika PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjadwalkan Liga 1 dimulai kembali pada 2 Desember.

Dalam simulasi yang dibuat LIB, sepanjang Desember akan dipakai untuk menyelesaikan putaran pertama. Selanjutnya, Liga 1 bakal dimulai kembali pada pekan pertama Januari.

BACA JUGA:Jadwal Liga Banyak Bentrok dengan Timnas, Persebaya Berburu Pemain Baru. Siapa?

Kompetisi Liga 1 dijadwalkan akan berakhir pada 16 April. Tanggal akhir kompetisi itu tidak bisa diotak-atik. Sebab, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Pelatih Persebaya Aji Santoso sejak awal sudah coba mengantisipasi situasi tersebut. Sebelumnya ia mendapat informasi bahwa lanjutan kompetisi nanti berjalan paralel dengan agenda tim nasional.

”Mau gimana lagi. Konsekuensinya seperti ini,” ungkapnya.

Pekerjaan ke depan, kata Aji, ialah mulai mencari pengganti Ridho dan Marsel. Stok sebelumnya tersedia. Namun, sejauh ini Aji belum menemukan pemain yang level kemampuannya mendekati keduanya.


Marselino Ferdinan kita harapkan bisa terus bersinar di Piala Asia U-20, Piala Dunia U-20 dalam memperkuat tim nasional masa depan.-PSSI-Disway.id

BACA JUGA:Persebaya Kedatangan Dua Pemain Trial, Satunya Naturalisasi

Di belakang, ada nama Dandi Maulana dan Riswan Lauhin yang bisa menjadi pengganti Ridho. Dengan adanya Leo Lelis, satu dari pemain tersebut yang dimainkan tak masalah. Yang jadi soal, bila Lelis ikutan absen. Duet Dandi-Riswan terbukti kurang tangguh. Itu terbukti saat Persebaya dikalahkan RANS Nusantara dengan skor 1-2 pada 15 September di Sidoarjo. 

Begitu juga dengan pengganti Marsel. Selama Oktober lalu, Aji terus mencoba para pemain gelandang yang ada. Tetapi, sampai sekarang belum ada yang sreg. ”Kami akan coba juga dengan melakukan modifikasi taktikal. Akan kami manfaatkan waktu yang ada ini,” terangnya. (Gunawan Sutanto) 

Jadwal Piala AFF

23 Desember - Indonesia vs Kamboja (Digelar di Indonesia)

26 Desember -Indonesia vs Brunei Darussalam (Kuala Lumpur)

29 Desember - Indonesia vs Thailand (Indonesia)

2 Januari - Indonesia vs Filipina (Filipina)

6 Januari - Semifinal Leg 1

7 Januari - Semifinal Leg 1

9 Januari - Semifinal Leg 2

10 Januari - Semifinal Leg 2

13 Januari - Final Leg 1

16 Januari - Final Leg 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: