Finalis Keren-Keren, Grand Final Koko Cici Jatim Bakal Ketat

Finalis Keren-Keren, Grand Final Koko Cici Jatim Bakal Ketat

Finalis KOCI Jatim 2022 foto bersama sebelum berangkat ke Graha UNESA menggunakan bus listrik E Inobus pada Sabtu, 26 November 2022.-Nadine Churnia Putri-Harian Disway-

SURABAYA, Harian Disway – Pemilihan Koko Cici Jawa Timur (Koci Jatim) 2022 memasuki babak puncak hari ini, Sabtu, 26 November 2022. Ke-24 finalis bersaing dalam grand final yang digelar di Graha Unesa Surabaya.

Persaingan para finalis bakal sangat ketat. Sebab, dari hasil penilaian selama karantina, mereka memiliki kemampuan yang rata-rata setara. Semua memiliki pemahaman yang baik terhadap budaya Tionghoa. Punya kemampuan public speaking. Juga sangat berbakat. Setelah sesi unjuk bakat pada Jumat, 25 November 2022, para peserta menjalani deep interview dengan enam juri. Salah seorang di antaranya psikolog. Jadi, tak hanya wawasan dan kemampuan, mereka juga dianalisa kepribadiannya.

''Dan dari dua sesi itu, juri sudah kesulitan menentukan peringkat finalis. Soalnya, mereka keren-keren semua. Selisih nilainya juga kecil-kecil,'' ungkap Retna Christa, redaktur Harian Disway, yang merupakan salah seorang juri. ''Maka, semua tergantung performa mereka di panggung grand final nanti,'' lanjut dia.

Sejak pukul 7 pagi, para finalis sudah bersiap-siap. Berdandan. Para cici mengenakan make-up dan hairdo yang seragam. Kostum mereka untuk babak preliminary pertama juga sama. ’’Puji Tuhan aman. Sambil nunggu cici-cici make-up, sempat latihan koreografi juga tadi,’’ terang Koko Gideon Feriyanto, ’’ketua kelas’’ finalis Koci Jatim 2022.


PERHATIAN, Cici Stefani Victoria membantu Cici Jackline Kurnia memasang anting dari HWT Gold.-Nadine Churnia Putri-Harian Disway-

Konsep grooming para finalis mengikuti standar make-up yang telah ditentukan oleh Koko Cici Indonesia. Para cici mengenakan lipstik merah menyala, bulu mata, dan eye shadow berwarna natural. ’’Ndak boleh pink mencolok gitu, misalnya,’’ terang Cici Steffi Alyssandrea Purwanto, ketua penyelenggara pemilihan Koko Cici Jatim 2022.  

Gaya rambut cepol satu ke atas juga menjadi ketentuan sekaligus ciri khas Koci Jawa Timur. ’’Per daerah beda-beda, kalau Jakarta ada poninya,’’ tambah Steffi.

Alas kaki juga tak luput dari ketentuan. Utamanya untuk perempuan yang memiliki beragam model heels. Jenis stiletto dengan tali di punggung kaki dan mengikat di pergelangan wajib dikenakan. Agar finalis mudah bergerak dengan aman dan nyaman. ’’Tinggi heels-nya disesuaikan dengan tinggi pasangan,’’ jelas dia.

Sementara itu, untuk para koko, ketentuannya lebih simpel. Yakni, berpenampilan rapi, dengan rambut klimis dan sepatu pantofel.

Pemilihan Koko Cici Jatim tahun ini menonjolkan pesan kebersamaan dan kesatuan. Walau para peserta berangkat dari latar belakang yang berbeda. Pesan itu terkemas dalam tajuk Harmoni Yin dan Yang. Yin mewakili karakter dingin. Dan yang mewakili karakter panas. Dua karakter berbeda yang saling melengkapi.

Malam nanti akan dipilih sepasang Koko Cici Jawa Timur 2022, Runner Up 1 dan Runner Up 2. Ada juga penghargaan untuk Koko Cici Berbakat dan Favorit yang dipilih melalui balot. (*)

Sumber: