Cheng Yu Pilihan Devin France Prayugo: Qian Fang Bai Ji

Cheng Yu Pilihan Devin France Prayugo: Qian Fang Bai Ji

Cheng yu Devin France Prayugo--

ENTREPRENEUR memang harus cerdas, gesit, dan punya banyak ide. Mesti "千方百计 qiān fāng bǎi jì," kata Devin France Prayugo, mengutip pepatah yang berasal dari naskah opera dinasti Yuan berjudul Wu Ru Tao Yuan (误入桃源). Secara letterlijk, peribahasa itu artinya "seribu cara, seribu rencana."

Maksudnya, "Kita mesti membuat berbagai macam cara atau rencana untuk menggapai tujuan kita. Karena apabila cara yang satu tidak berhasil, kita masih bisa menggunakan cara yang lain sampai tergapai apa yang kita cita-citakan," terang pemilik nama Tionghoa吴孙心 Wu Sun Xin. Ia merupakan ketua departemen pengelolaan limbah B3 Hipmi Surabaya sekaligus wakil ketua DPP Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Tentu, bukan berarti menghalalkan segala cara. Tetap mesti pakai cara yang elegan. Seperti diajarkan wejangan dalam antologi klasik Zeng Guang Xian Wen (增广贤文) yang dikompilasi pada sekitar abad ke-15, "君子爱财, 取之有道" (jūn zǐ ài cái, qǔ zhī yǒu dào). Yang terjemahannya kira-kira: orang budiman mencintai harta, mendapatkannya dengan cara yang mulia.

Tak heran bila Amsal 28:6 TB menegaskan, "Lebih baik orang miskin yang bersih kelakuannya daripada orang yang berliku-liku jalannya, sekalipun ia kaya."

Makanya, filsuf agung Konfusius menyarankan dalam kitab Lun Yu (论语), "Kaya dan berkedudukan tinggi adalah keinginan setiap orang. Tapi, kalau tidak dapat dicapai dengan jalan suci, janganlah ditempati. Miskin dan berkedudukan rendah tidak diinginkan semua orang. Tapi, kalau tidak dapat dientaskan dengan jalan suci, janganlah dijauhi" (富与贵是人之所欲也, 不以其道得之, 不处也; 贫与贱是人之所恶也, 不以其道得之, 不去也 fù yǔ guì shì rén zhī suǒ yù yě, bù yǐ qí dào dé zhī bù chù yě; pín yǔ jiàn shì rén zhī suǒ è yě, bù yǐ qí dào dé zhī bù qù yě). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: