Pesan Wawali Pasuruan untuk Kondusivitas Pemilu 2024

Pesan Wawali Pasuruan untuk Kondusivitas Pemilu 2024

SOSIALISASI kelembagaan partai politik di Kota Pasuruan. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo membuka sosialisasi kelembagaan partai politik dalam rangka menghadapi pemilu serentak tahun 2024 di aula Hotel BJ Perdana, Kota Pasuruan, Kamis, 1 Desember 2022. 

Mas Adi, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa tahun 2023 memasuki proses tahapan pelaksanaan politik. Di tahun itu juga sudah dilaksanakan verifikasi partai politik. Mas Adi mengungkapkan, kondusivitas daerah adalah segalanya. Oleh karena itu, ia berpesan supaya parpol juga mengajak simpatisannya bersikap dewasa. 

”Insan politik, kader politik yang mempunyai komitmen yang besar bagaimana demokrasi kita jaga dengan baik,” ujarnya. 

Menurut Mas Adi, demokrasi bukanlah tujuan, melainkan alat untuk mencapai kedaulatan rakyat.

”Demokrasi dipilih, demokrasi harus diyakini sebagai jalan terbaik untuk memenuhi kedaulatan rakyat,” tandas orang nomor dua di Kota Pasuruan itu. 

Denokrasi tidak bisa berdiri sendiri. Demokrasi tidak tiba-tiba datang dengan sendiri, demokrasi harus dibangun bersama dengan kesadaran warganya, kesadaran masyarakatnya. Yang lebih penting, kesadaran politik sebagai pilar demokrasi memujudkan kedaulatan politik dan kedaulatan rakyat.

”Pemilu tahun 2024 ini menjadi pemilu yang pertama berbeda karena dilaksanakan secara serentak,” imbuhnya. 

Mas Adi menuturkan, pemilu tidak hanya event lima tahunan. Tapi, pemilu juga sebagai simulasi pemilihan kepemimpinan nasional hingga kepemimpinan daerah.

”Di Kota Pasuruan hari ini ada sembilan partai politik yang sudah mendapatkan kursi di DPRD dan ada 23 yang sudah terdaftar dan ada 14 partai politik yang tidak lolos,” tuturnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: