Siklus Berputar, Fashion Jadul yang Kini Lagi Ngetren

Siklus Berputar, Fashion Jadul yang Kini Lagi Ngetren

Alice Norin memadukan pakaian Overall yang merupakan fashion 90-an.-Dok Pribadi Alice Norin-

Fashion selalu dinamis dan berubah-ubah. Namun, fenomena berulang tak bisa dihindari. Di tahun 2022, fashion era 90-an terulang lagi.

Semua terjadi karena perputaran siklus mode. Trend 90-an kini nge-hits dan dianggap sebagai trend klasik di kalangan generasi Milenial (Kelahiran 1981-1996) dan Gen-Z (kelahiran 1997-2012).

Mereka memadukan atau mix and match. Kesan jadul berubah jadi klasik, estetik dan antik. Dalam siklus fashion, trend 90-an ini sedang memasuki masa popularitasnya sebelum memasuki masa surut. 

Berikut ini mix and match fashion 90-an yang banyak digandrungi.

 

1. Overall 


Gaya Overall jadul yang kini digandrungi lagi.-Pinterest-

Fashionista tentu tidak asing dengan istilah itu. Tingkat popularitas overall meningkat pada tahun 1965 yang umumnya digunakan sebagai seragam untuk bekerja, kini menjadi trend fashionable yang banyak di gandrungi anak muda zaman sekarang. 

Mix and match menggunakan overall juga tidak ribet dan bisa dibilang simpel. Kamu cukup memadukan kaos maupun kemeja flanel. 

Walaupun overall trendind di era 90-an kamu akan tetap terlihat kece karena look yang diberikan akan terlihat simple dan tetap kekinian. 

 

2. Jaket Denim


Jeket Denim jadi fashion yang tak lekang termakan zaman.-Pinterest-

Jaket denim mulanya digunakan pekerja lapangan di tahun 90-an karena dirasa bahannya yang cukup kuat. 

Dan kini, jaket denim sudah banyak sliweran dan banyak digunakan oleh semua kalangan usia. Mix and match jaket denim dapat dirasa oke dan terlihat keren walaupun hanya mengenakan kaos polos.

Pria dan wanita juga dapat menggunakan jaket denim karena model fashion yang masuk di semua gender. Termasuk di fashion hijab.

3. Crop Top


Mega Bintang Britney Spears menggunakan crop top yang ngetren lagi sekarang.-Pinterest-

Crop top juga yang rata rata banyak di sukai oleh wanita di era 90-an ini juga kembali trend. Crop top hadir pada berbagai corak dan motif yang kekinian yang semakin menarik minat pemakainya.  Mix and match crop top dengan berbagai style bias membuat pemakainya jadi kece dan swag!. 

Crop top umumnya di padu padankan dengan berbagai bawahan seperti rok, celana jeans, maupun hot pants. Karena biasanya wanita ingin memperlihatkan lengkuk tubuh maupun perut yang rata lalu mengenakan hot pants dengan memperlihatkan kaki yang tampak jenjang. 

4. Jaket Parka


Jaket parka penuh warna kini sedang hitz.-Pinterest-

Jaket parka yang dulunya di desain dan dikenakan militer tahun 1950-an, yang kini kembali trend menjadi jaket yang look-nya tampak retro sekaligus vintage. Jika di-mix and match dengan cargo jeans, penggunanya akan terlihat seperti remaja di tahun 90-an. 

Jaket parka banyak dicari kembali di era sekarang karena menurut anak zaman sekarang, jaket tersebut tetap fashionable dan tidak terlihat jadul jika dipakai. Kini jaket parka hadir dengan model terbaru yang banyak didesain oleh brand- brand ternama. 

Yang punya duit terbatas, bisa memanfaatkan barang-barang preloved, atau thrifting. Di Surabaya sudah banyak toko preloved yang bertebaran. Yang terbesar ada di Gembong dan TP Pagi.

5. Celana Cargo 


Celana cargo jadi pilihan trend jadul tapi kekinian.-Pinterest-

Pada era 90-an celana cargo yang  hanya dikenakan oleh pria,  dan di era sekarang perempuan juga mengenakannya karena model celana cargo yang unik dan cukup simpel jika di mix and match dengan atasan apapun. Celana kargo yang biasa dikaitkan dengan model celana yang longgar dan sedikit komprang  dan cukup mudah di-mix and match dengan kaos crop top maupun kaos oversize

Desain celana cargo yang memiliki perubahan lebih modis dan berbagai variasi warna, kini peminatnya semakin banyak dan akhirnya celana cargo kembali trend di kaum muda mudi kekinian. 

Dan itulah beberapa fashion tahun 90-an yang kembali trend dan banyak digandrungi oleh anak hitz jaman sekarang.

Selain item fashion tersebut ada juga item yang kembali trend di era sekarang seperti ripped jeans, turtle neck, bucket hat, dan masih banyak lagi. Silahkan dipadukan sesuai kreatifitas masing-masing. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: