Galungan tanpa Pembatasan

Galungan tanpa Pembatasan

Warga Hindu memasuki areal Pura Segara, Surabaya, untuk merayakan Galungan, 4 Januari 2023.-Julian Romadhon-Harian Disway-

PURA Segara di Jalan Sastrowiryo, Bulak, Surabaya, penuh pemadek (orang yang akan beribadah), Rabu, 4 Januari 2022. Mereka tiba untuk persembahyangan hari raya Galungan, penanda kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan).

 

Wujud syukur kepada Sang Hyang Widhi, sebelum upacara persembahyangan dimulai para pemadek meletakkan canang (sesajian) di sanggah yang berada di kompleks Pura. Puja Trisandya dibacakan, diiringi lonceng sang Pemangku. Upacara keagamaan umat Hindu itu pun berlangsung begitu khidmat.

 

Umat berasal dari banyak tempat. Termasuk Sidoarjo, Gresik, dan Tuban. Kebahagiaan begitu jelas tampak di wajah mereka. Maklum saja sudah dua tahun mereka tidak bisa merayakan Galungan dengan bebas. Akibat pandemi Covid-19.

 

Tahun ini, batasan itu lenyap. Orang makin sehat. Virus, walau masih ada, terasa melemah. Maka, tak ada lagi tanda larangan yang mengharuskan pemadek untuk menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Pura Segara bisa mengadakan upacara keagamaan tanpa batasan.

 

’’Seluruh umat Hindu menyambut hari ini dengan antusias. Mudah-mudahan tidak ada lagi pembatasan seperti kemarin,’’ ucap I Wayan Sardita, salah satu umat Hindu asal Sidoarjo kepada Harian Disway.

ANAK-ANAK ambil bagian dalam perayaan Galungan di Denpasar, 4 Januari 2023.-SONNY TUMBELAKA-AFP-

 

Kegembiraan serupa itu juga ditemui di banyak tempat di negeri ini. Termasuk di Bali. Umat berbondong-bondong dengan batin plong saat beribadah kepada Sang Pencipta. Selamat hari raya Galungan… (Pace Moris)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: