Hari Raya Galungan Pada Bulan Kemerdekaan, Dirjen Bimas Hindu Ajak Untuk Perkuat Semangat Persatuan

Hari Raya Galungan Pada Bulan Kemerdekaan, Dirjen Bimas Hindu Ajak Untuk Perkuat Semangat Persatuan

Warga Hindu memasuki areal Pura Segara, Surabaya, untuk merayakan Galungan, 4 Januari 2023.-Julian Romadhon-Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Hari Raya Galungan akan berlangsung bulan Agustus 2023 yang merupakan puncak perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Tepatnya pada esok hari, 2 Agustus 2023.  

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) I Nengah Duija mengajak umat Hindu untuk memproyeksikan semangat persatuan pada perayaan Galungan tahun ini. 

“Galungan dan Kemerdekaan RI sama-sama bermakna kemenangan. Ini menjadi momentum yang tepat bagi umat Hindu untuk kembali menyulut semangat persatuan,” kata pria yang akrab disapa Prof Duija ini Senin, 1 Agustus 2023.

BACA JUGA:Galungan tanpa Pembatasan

Pria yang akrab disapa Prof. Duija ini mengungkapkan, umat Hindu harus paham dengan dharma agama dan dharma negara. 

Dharma kepada negara adalah menjaga, membela, menjunjung tinggi kehormatan negara serta mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan.


Dirjen Bimas Hindu Prof I Nengah Duija-Kemenag-

Dharma agama berarti menjalankan shraddha-bhaktinya kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan mengamalkan nilai-nilai dharma secara utuh dan berimbang sesuai ajaran agama Hindu.

“Perayaan Hari Suci Galungan wujud dharma kepada agama dan peringatan kemerdekaan RI adalah dharma kepada negara, kedua swadarma ini harus dijalankan secara seimbang,” tuturnya.

Prof Duija juga mengingatkan, Hari Suci Galungan sebagai warisan tradisi dari leluhur Hindu nusantara harus dijaga kesucian maknanya. 

“Di sela-sela persembahyangan bersama Hari Suci Galungan di setiap Pura, sebaiknya disampaikan dharmawacana (kajian) mengangkat makna dan filosofi Galungan dan Kuningan, agar tidak hanya semaraknya yang ramai, namun maknanya juga dipahami khususnya oleh anak-anak muda,” jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: