KPPU Cek Akurasi Kenaikan Tagihan PDAM Surabaya, Cek Tabel Tarif Terbaru di Sini

KPPU Cek Akurasi Kenaikan Tagihan PDAM Surabaya, Cek Tabel Tarif Terbaru di Sini

Petugas PDAM Surya Sembada mengecek pipa utama di Jalan A Yani Surabaya.-PDAM Surya Sembada-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Penyesuaian tarif PDAM SURABAYA rupanya dipersoalkan di Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil IV di SURABAYA, Selasa, 17 Januari 2023. 

Sejak penyesuaian tarif itu banyak pelanggan kaget dengan tagihan bulanan mereka. Yang mulanya membayar Rp 30 ribu per bulan bisa jadi Rp 500 ribu per bulan. Banyak pelanggan merasa penentuan kelas tarif mereka keliru.

Kepala Kanwil IV KPPU Surabaya, Dendy R Sutrisno mengatakan KPPU bakal memantau problem tersebut. PDAM diminta memberi nilai tambah kepada pelanggannya atas kenaikan tarif.

BACA JUGA:PBB dan Kenaikan NJOP Tanah

BACA JUGA:Sejarah dan Konflik Surat Ijo Surabaya: Kampung Tua Batam Bisa Gratis (31)


Kepala Kanwil IV KPPU Surabaya, Dendy R. Sutrisnoberdialog dengan wartawan di konferensi pers, Selasa, 17 Januari 2023.-Julian Romadhon/Harian Disway-

PDAM juga diminta mengimplementasikan prinsip-prinsip persaingan usahanya. Serta mampu menjalin kemitraan yang sehat. "Agar tidak terjadi eksploitasi kepada konsumen dan matinya potensi swasta nasional," kata Dendy, dalam konferensi pers, Januari 2023.

Ia berharap PDAM Surya Sembada Surabaya mampu menjadi tolak ukur bagi PDAM lainnya. Maklum PDAM Surabaya adalah perusahaan air daerah terbesar di Indonesia. Jumlah pelanggannya nyaris 600 ribu.

"Sampai sejauh mana momentum penyesuaian tarif ini dapat dimanfaatkan PDAM," ujar Dendy. 

Pihaknya akan menunggu hasil dari proses pengawasan selama 3 bulan kedepan. Alias sampai Maret 2023.

BACA JUGA:Tarif PDAM Surabaya Naik, Ini Detailnya!

BACA JUGA:Tarif Pasang PDAM Surabaya Disesuaikan Daya Listrik Pelanggan


Konferensi pers KPPU Kanwil VI Surabaya membahas tarif PDAM Surya Sembada, 17 Januari 2023..-Julian Romadhon/Harian Disway-

Dalam tiga bulan, KPPU bakal mengumpulkan data dan informasi secara acak. Petugas KPPU bakal membagikan kuesioner ke pelanggan dengan  10 pertanyaan yang sudah disiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: