Memaknai 16 Foto Sejenak Indonesia di Rumah Maiyah, Cak Nun dan Tamunya

Memaknai 16 Foto Sejenak Indonesia di Rumah Maiyah, Cak Nun dan Tamunya

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertamu di rumah Cak Nun.-caknun.com-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Sudah tiga hari berturut-turut Cak Nun jadi trending topic di twitter. Ucapannya saat menyebut Presiden Jokowi sebagai Firaun jadi perdebatan panjang.

Budayawan Emha Ainun Najib itu juga sudah meminta maaf. Bikin video klarifikasi di YouTube dengan judul Mbah Nun Kesambet.

Diunggah sehari, jumlah komentarnya mencapai 7.409 (sampai 19 Januari pukul 18.00 WIB).

"Saya tidak marah kepada siapa pun yang menghina saya, yang merendahkan saya," kata Cak Nun di tengah acara Mocopat Syafaat dan Tawassulan di Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY, Selasa, 17 Januari 2023 malam.

"Moro-moro cangkeme mak pecotot (tiba-tiba keluar dari mulut) Firaun, Haman, Qorun, kui (itu). Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya. Maka tadi saya bikin video sama Sabrang, judulnya Mbah Nun Kesambet," ucapnya.

Redaksi Caknun.com juga mecuitkan 16 foto di artikel: Sejenak Indonesia di Rumah Maiyah pada 18 Januari 2023. Redaksi mengunggahnya 14 Oktober 2018. Sejumlah petinggi negara diterima sebagai tamu.

Berikut narasi artikel itu:

Bagian dari perjalanan Cak Nun ke mana-mana buat menebarkan Sinau Bareng dan benih-benih lain yang baik ke tengah masyarakat adalah justru menyempatkan berhenti sejenak di Rumah Maiyah Kadipiro itu sendiri untuk menemui orang-orang yang meminta sowan dan silaturahmi.

Di antara mereka adalah orang-orang yang kedatangannya menjadikan pertemuan itu sebenarnya berbobot relasi politik. Tapi itu juga tergantung bagaimana politik dipahami, toh kata itu mengalami perkembangan pemaknaan. Pada titik itu, kita melihat Cak Nun memilih memosisikan semua tamu-tamu itu pada perspektif inklusivitas, memberi ruang, menemani, bahkan kerap menjadi orang tua bagi mereka.

Sebagai tamu, mereka pun mendapatkan penghormatan yang sebaik-baiknya dari Cak Nun.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْأٰخِرِفَلْيـكْرِمْ ضَيْفَهُ

Barangsiapa percaya kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia menghormati tamunya.

Sebelum ribut-ribut soal Firaun, Cak Nun sudah menerima tamu dari berbagai kalangan. Ada foto bersama Wakil Presiden Maruf Amin sebelum Pilpres 2019. Ada juga foto dengan Menkomarvest Luhut Binsar Panjaitan yang ia sebut sebagai Haman.

Termasuk  foto dengan Founder Harian Disway Dahlan Iskan yang pernah jadi Menteri BUMN dan Dirut PLN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: