Lato-Lato Menuju Pemilu 2024

Lato-Lato Menuju Pemilu 2024

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri 1 Abad NU di Sidoarjo, 7 Februari 2023.-twitter @IDsahabatganjar-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mainan tradisional lato-lato  kembali viral sejak akhir 2022. Sampai ada kompetisinya. Ada pula yang terganggu karena suaranya yang berisik.

Meskipun terbilang sederhana, nyatanya mainan itu bisa menjauhkan anak-anak dari gadget. Lebih banyak interaksi yang terjalin.

Rasa-rasanya, permainan ini akan terus berlanjut. Memeriahkan kedatangan Pemilu 2024. 

Momentum tersebut, tak jarang menuai perdebatan di antara kubu-kubu yang dijagokan. Adanya perbedaan pendapat tentu menjadi gesekan antar partai. Seringnya adalah benturan dalam partai-partai yang memiliki kesamaan background.


Moch Rizieq Latief memainkan lato-lato di pekarangan rumahnya di Gresik.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

BACA JUGA:Terkesima Pidato Yahya Staquf

BACA JUGA:Selamat Datang Abad ke-2 NU

Benturan pendapat dan sudut pandang itulah, serupa lato-lato. Dua bola diayunkan hingga terbentur satu sama lain. 

Bahkan tidak hanya sekali benturan untuk sukses bermain lato-lato. Permainan semakin seru jika pemain dapat mengayunkan kedua bola dengan cepat.

Juga membenturkannya ketika bola berada di bawah maupun di atas. Kecepatan benturan bola yang berayun, laksana ketangguhan calon-calon Presiden 2024 dalam memperebutkan kursi Istana Negara dan parlemen.

Apa yang tampak pada lato-lato sangatlah merepresentasikan suasana politik menjelang Pemilu 2024. Gesekan-gesekan tersebut tidak hanya terjadi pada bakal calon Presiden maupun partai-partai yang mengusungnya. 

Tak jarang, di media sosial tampak gesekan antara pendukung-pendukung Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Benturan yang terjadi pada pendukung masing-masing calon inilah yang paling merepresentasikan permainan lato-lato.

“Anies Baswedan gak datang ya?”, salah satu komentar dalam postingan Ganjar Pranowo ketika menghadiri acara 1 Abad NU di Gor Sidoarjo.

“Datang nanti di reuni bulan Desember, 212”, timpal lainnya dalam postingan yang sama.

BACA JUGA:Diungkap Polisi, Berondong Kuras Harta

BACA JUGA:Viral Mahasiswa UKWM Surabaya Dipukul Pakai Tongkat Baseball Sudah Sampai Pengadilan

Barangkali sikut-sikutan adalah kata yang cocok untuk menggambarkan suasana Pemilu 2024. Fenomena benturannya memang tak banyak berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Tetapi, Pemilu 2024 ini masih belum diketahui berapa banyajk "bola lato-lato" yang jadi calon. Makin banyak makin berisik.  (*)

Disway Internship Program III Member: Umaimah ‘Iffat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: