Inilah Deretan Idol K-Pop yang Lulus Dari SOPA, Ternyata Jeongwoo dan Wonyoung Satu Kelas!

Inilah Deretan Idol K-Pop yang Lulus Dari SOPA, Ternyata Jeongwoo dan Wonyoung Satu Kelas!

potret idol 2004 graduation-Twitter-@jeongwoocuties

Happy graduation untuk siswa-siswi lulusan SOPA (School Of Performing Arts) yang diselenggarakan Kamis, 9 Februari 2023. SOPA merupakan sekolah menengah atas (swasta) yang letaknya di Gung-dong, Distrik Guro, Seoul, Korea Selatan. Sekolah ini seperti SMA di Indonesia. Seperti namanya sekolah ini menyediakan khusus jurusan seni, teater, musik, dan tari saja.

Sekolah yang didirikan pada tahun 1996 lalu itu telah menghasilkan banyak sekali lulusan terbaik yang sudah menjadi artis di industri hiburan Korea Selatan. Salah satunya Mark Lee (NCT), Lee Taeyong (NCT), Joy (Red Velvet), Park Jihoon (Ex WannaOne), Oh Sehun (EXO), Kim Doyeon (Weki Meki), Jeon Jungkook (BTS), dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sekolah favorit para gen 2 dan gen 3. SOPA juga menjadi sekolah favorit para idol Kpop gen 4 yang telah lulus hari Kamis lalu. Salah satunya; Park Jeongwoo (Treasure), Jang Wonyoung (IVE), Lee Jaehee (Weekly), Kim Yeonkyu (ATBO), Lee Yujeong (Lightsum), Cho Wooju (BLITZERS), Kang Damin (Queenz Eye), Kim Yeseul (HI-L).

Inilah wajah idol kelahiran 2004 lulusan SOPA tahun ini

1. Park Jeongwoo (Treasure)


Park Jeongwoo lulus dari SOPA-Twitter-@korea_odyssey

 

Vokalis utama pada boygroup Treasure telah menyelesaikan pendidikan SMA nya di SOPA dengan menjadi lulusan terbaik jurusan Departemen Musik Praktis. Pria kelahiran 28 September 2004 ini merayakan kelulusannya yang dihadiri oleh hyung (istilah kakak laki-laki) dari member Treasure.

2. Jang Wonyoung (IVE)


Jang Wonyoung dalam buku tahunan telah lulus dari SOPA-Twitter-@ivepics

Center dalam girlgroup IVE telah lulus dari SOPA mengambil jurusan Departemen Musik Praktis yang sama dengan Jeongwoo. Wonyoung lahir pada tanggal 31 Agustus 2004. Sayangnya Wonyoung tidak bisa menghadiri acara kelulusannya itu di sekolah karena suatu alasan. Maka dari itu dirinya menitipkan surat ucapan untuk penggemarnya lewat agensinya, Starship entertainment.

‘’Masih tidak terasa nyata dan bahkan terasa canggung bahwa saya telah menyelesaikan sekolah menengah dan berusia 20 tahun. Tetapi sebagai orang dewasa, saya akan bertindak lebih bertanggung jawab dan mencoba menunjukkan sisi diri saya yang lebih dewasa." Ucap Wonyoung. Melansir dari media Korea Selatan JoongAng Daily. (9/02/23)

3. Lee Jaehee (Weekly)


Lee Jaehee lulus dari SOPA-Twitter-@theseoulstory

Rapper pada girlgroup Weekly yang debut di tahun 2020 lalu itu juga merayakan hari kelulusannya di SOPA. Dia lulus dari jurusan Departemen Teater dan Film. Idol wanita kelahiran 18 Maret 2004 ini juga mengawali debutnya menjadi artis sejak masih kecil.

"Meskipun sedih meninggalkan sekolah dengan penuh kenangan indah, menurutku akhir juga merupakan awal dari awal yang baru." Ucap Jaehee. Melansir dari media Korea Selatan JoongAng Daily.

4. Kim Yeonkyu (ATBO)


Kim Yeonkyu lulus dari SOPA-Twitter-@ATBO_UPDATES

Menjadi vokalis pada boygroup pendatang bernama ATBO. Yeonkyu dulunya pernah menjadi trainee di YG entertainment hingga mengikuti survival YG Treasure Box bersama Jeongwoo (Treasure). Yeonkyu lahir di tanggal 3 Mei 2004. Dirinya mengambil jurusan Departemen Musik Praktis.

5. Lee Yujeong (Lightsum)


Lee Yujeong lulus dari SOPA-Twitter-@theseoulstory

Menjadi vokalis dan maknae di girlgroup Lightsum, akhirnya Yujeong lulus dari jurusan Departemen Teater dan Film. Yujeong lahir pada tanggal 14 Juni 2004. Tahun 2018 lalu ia mengikuti ajang survival Produce 48 bersama Wonyoung (IVE).

6. Cho Wooju (BLITZERS)


Cho Wooju lulus dari SOPA-Twitter-@kpopceleb

Wooju menjadi vokalis, makne, sekaligus penulis lagu di boygroup BLITZERS. Ia lahir pada tanggal 21 Januari 2004.

7. Kang Damin (Queenz Eye)


Kang Damin lulus dari SOPA-Twitter-@kpopceleb

Menjadi penari di girlgroup pendatang bernama Queenz Eye. Damin lahir di tanggal 24 Mei 2004. Ia lulus dari SOPA mengambil jurusan Departemen Tari Praktis. Dulu ia juga pernah mengikuti program survival bernama Produce 48 bersama Wonyoung (IVE) dan Yujeong (Lightsum)

8. Kim Yeseul (HI-L)


Kim Yeseul lulus dari SOPA-Twitter-@TheHallyuNews

Yeseul menjadi maknae sekaligus vokalis di girlgroup HI-L. Ia ahir pada tanggal 24 Maret 2004. Mengambil jurusan Departemen Musik Terapan dan telah lulus dari SOPA bersama idol lainnya.

Para fans sangat menantikan momentum haru para idolnya yang telah lulus dari sekolah. Sebuah kebanggaan bagi para fans bisa melihat idolnya memakai seragam sekolah untuk terakhir kalinya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: media berita korea selatan joongang daily