DJKA Kembali Gelar Program Motor Gratis (MOTIS) 2023, Begini Cara Daftarnya

DJKA Kembali Gelar Program Motor Gratis (MOTIS) 2023, Begini Cara Daftarnya

KA KOMUTER PASURUAN_Surabaya-Pasuruan ketika berhenti di stasiun-Moch Sahirol Layeli-

JAKARTA, HARIAN DISWAY Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono menginformasikan bahwa Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motis (Motor Gratis) tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan di acara Ngobras: Ngobrol Santai Bareng Komunitas di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023.

Program itu diselenggarakan untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023. Calon pemudik yang berhasil mendaftarkan diri bakal mendapat layanan pengiriman sepeda motor gratis lewat kereta api.

“Kami menargetkan program Motis tahun ini bisa melayani hingga 46.720 penumpang bisa diberangkatkan,” ungkap Djarot.

Kapasitas Motis yang disediakan tahun 2023, jauh lebih banyak dari tahun lalu, yakni sekitar 10.440 slot motor.

Hal ini dikarenakan keadaan Covid-19 sudah jauh melandai. Semua motor tersebut, ditargetkan akan dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang secara gratis pada lebaran mendatang.

Terdapat tiga lintas pelayanan yang disediakan oleh DJKA:

  • Lintas Utara, dengan rute Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang.
  • Lintas Tengah, dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari.
  • Lintas Selatan, dengan rute Kiaracondong-Purwosari.

BACA JUGA:Presiden Soekarno Mampir Ke Toko Buku ini, saat Pulang ke Peneleh

BACA JUGA:Ayah Mario Dendy Tidak Dipecat dari Kemenkeu, Hanya Dicopot dari Jabatan Kabag Umum


Stasiun Gubeng_KA KOMUTER PASURUAN_Surabaya Kota-Pasuruan-Moch Sahirol Layeli-

Dalam Motis 2023, DJKA juga akan mengintegrasikan angkutan motis dengan KA PSO. Peserta program Motis bisa mudik ke kampung halamannya bersama kendaraan motornya yang diakut oleh KA dengan tarif mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Ada sejumlah syarat dan ketentuan bagi peserta yang akan mengikuti program Motis 2023. Diantaranya seperti peserta harus memiliki KTP, KK, dan SIM C. Kapasitas motor yang akan diangkut juga maksimal 200 cc.

Setiap satu motor, dapat difasilitasi pembelian 2 tiket penumpang. Dengan catatan, pembelian tiket KA untuk peserta motis sesuai dengan nama peserta motis yang terdaftar. Penumpang kedua, tercantum dalam KK peserta yang terdaftar. 

Setiap tiket yang sudah dibeli, tidak dapat dibatalkan. Pun diubah jadwal maupun nama penumpang yang sudah terdaftar.

Untuk mengikuti program ini, bisa dilakukan dengan mudah. Pemudik hanya perlu mendaftar secara online melalui website https://mudikgratis.dephub.go.id atau melalui posko yang terdaftar. Pendaftaran ini bisa dimulai tanggal 1 Maret 2023 – 3 Mei 2023.

BACA JUGA:Tuntutan 3 Tahun untuk 135 Nyawa Korban Kanjuruhan

BACA JUGA:Survei Anies Baswedan Nomor 3 Jadi Penyemangat PKS

Bagi peserta yang melakukan pendaftaran secara online, diwajibkan melakukan verifikasi ke posko sesuai waktu yang dipilih. Hal ini guna menghindari penghapusan secara otomatis.

Pada Motis tahun ini, DJKA membuka 16 posko. Mulai dari St. Cilegon, St. Jakarta Gudang, St. Pasar Senen, St. Cirebon Prujakan, St. Tegal , St. Pekalongan, St. Semarang Tawang, St. Purwokerto, St. Kroya, St. Kutoarjo, St. Lempuyangan, St. Purwosari, St. Kiaracondong, St. Tasikmalaya, St. Sidareja, dan St. Gombong.

Sementara angkutan mudik Motis akan diselenggarakan pada 11 April 2023 – 20 April 2023. Angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April 2023 – 4 Mei 2023. 

“Dengan diadakannya kembali program Motis tahun ini, diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir, aman, nyaman, dan selamat. Juga menekan angka kecelakaan roda dua selama periode mudik,” harap Djarot.

Informasi lebih lanjut terkait Motis 2023, bisa diakses melalui website https://djka.dephub.go.id atau media sosial @ditjenperkeretaapian dan @motis_2023. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: