Mario Hajar David sampai Ambyar

Mario Hajar David sampai Ambyar

-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kasus itu meledak. Mario Dandy Satrio, 20, menganiaya David Latumahina, 17, sampai koma. Mario anak pejabat Kemenkeu, David anak petinggi GP Ansor. Terungkap harta ortu Mario Rp 56 miliar mencurigakan. Akhirnya ambyar. Para pejabat tinggi negara bicara.

MENKO Polhukam Mahfud MD yang diminta komentar wartawan seusai membuka acara Halaqoh Nasional Alim Ulama di Slipi, Jakarta Barat, Jumat (24/2), menjawab: ”Biar dibuka KPK.”

Ternyata harta ortu Mario –pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo– sudah disoal Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak lama. Dan, Mahfud membenarkan itu.

Mahfud: ”Laporan kekayaan yang bersangkutan di PPATK itu sudah dikirimkan oleh PPATK ke KPK sejak 2012, terkait transaksi keuangan yang aneh, tetapi oleh KPK belum ditindaklanjuti. Sudah, itu saja.”

Ditanya, mengapa sepuluh tahun lalu KPK tak bertindak? Mahfud menjawab: ”Biar sekarang dibuka KPK.”

Terus, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas selaku ketua GP Ansor mengutuk keras penganiayaan itu. Korban David adalah anak Jonathan Latumahina, petinggi Pengurus Pusat (PP) GP Ansor, badan otonom Nahdlatul Ulama di bidang kepemudaan.

”Anak kader (Ansor, Red) anakku juga. Catat ini,” ujar Yaqut dalam cuitan di Twitter, Kamis, 23 Februari 2023. 

Yaqut menjenguk David yang koma (sudah lima hari) di ICU RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam foto di Twitter, Yaqut memegangi kepala David, menatap wajah David yang terus merem. Dokter menyatakan, ada kerusakan otak.

Di unggahan itu Yaqut mengungkapkan, David masuk Islam tiga tahun lalu. Video saat David dibaiat diunggah juga.

Yaqut: ”Ini David tiga tahun lalu, saat datang sendiri. Minta disyahadatkan di daerah Muntilan, Magelang. Menyusul bapaknya yang sudah lebih dahulu bersyahadat.”

Menteri Keuangan Sri Mulyani langsung mencopot jabatan ayah Mario. Terutama, karena Mario memamerkan hidup mewah. Saat menghajar David, Mario datang dengan jip mewah Rubicon Wrangler seharga sekitar Rp 1 miliar.

Mario juga sering pamer foto di medsos dengan motor mewah Harley-Davidson. Dua kendaraan mewah itu ternyata tidak tercatat di LHPKN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara) bapaknya.

Pencopotan Rafael Alun Trisambodo diumumkan Sri Mulyani, Jumat, 24 Februari 2023.

Sri Mulyani: ”Saya minta hari ini RAP (Rafael Alun Trisambodo) dicopot dari jabatan dan tugasnya. Saya minta diperiksa dengan teliti agar bisa diberikan hukuman sesuai tindakan disiplin yang telah dilakukan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: