Tesla Ngantor di Malaysia, Rocky Gerung Bahas Isu Kestabilan Politik Indonesia

Tesla Ngantor di Malaysia, Rocky Gerung  Bahas Isu Kestabilan Politik Indonesia

Sejauh ini India merupakan pasar kendaraan listrik yang sangat besar, dengan salah satu alasan tersebut Elon Musk bangun pabrik Tesla di India, di mana seakan lobi Luhut dan Jokowi dianggap angin lalu. ---BPMI Setpres

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Bos Tesla Elon Musk lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia untuk pembangunan kantornya di Asia Tenggara. Pengamat politik Rocky Gerung ikut angkat bicara.

Tesla dikabarkan akan mendirikan jaringan supercharge Tesla Experience dan pusat layanan di Malaysia.  

Mengutip Strait Times, 3 Maret 2023, dalam dua tahun pertama, perusahaan Elon Musk itu akan menggelar pengujian pasar dan pengembangan jaringan pengisian daya EV di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kabar itu disampaikan Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz mengabarkan bahwa Elon Musk telah menyepakati berdirinya kantor produsen kendaraan listrik Tesla di negeri Jiran. 

BACA JUGA:Erick Thohir Wadul ke Kejagung: Korupsi di BUMN Sektor Keuangan

BACA JUGA:Teddy Minahasa Pusing Dengar Penjelasan Saksi Ahli BNN

Hal ini diungkap Tengku Zafrul Aziz melalui cuitannya di Twitter pribadinya pada Rabu 1 Maret 2023. Sontak, kabar itupun mengejutkan bagi masyarakat Indonesia. Karena sebelumnya, Luhut Panjaitan hingga Presiden Jokowi sudah bertandang ke markas Tesla untuk membuat kesepakatan.

Namun faktanya, Malaysia yang dipilih sebagai negara Asia Tenggara pertama yang akan menjadi tempat berdirinya kantor produsen kendaraan listrik Tesla. 

"Malaysia akan mengizinkan Tesla mengimpor ke Negeri Jiran. Termasuk membuka showroom, pusat servis, dan jaringan supercharger," tulis Zafrul dalam cuitannya di Twitter.


Rocky Gerung memberikan pendapat terkait keputusan Elon Musk lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia. -Rocky Gerung Official-YouTube Channel

Rocky mengomentari hal itu. Menurutnya,  keputusan Elon Musk aneh. Sebab, Malaysia adalah pasar yang lebih kecil ketimbang Indonesia. Menurutnya langkah Tesla tersebut adalah bentuk sindiran.

"Bayangkan Indonesia akan gigit jari dengan langkah Elon Musk yang membawa Tesla berkantor di Kuala Lumpur," kata Rocy seperti dikutip dalam kanal YouTubenya, Senin 6 Maret 2023.

"Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi 'agen' Tesla di Indonesia, tiba-tiba Tesla buka (kantor) di Kuala Lumpur," lanjutnya.

BACA JUGA:Kemenag Perpanjang Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: