Kondisi David, Info Dokter vs Lawyer

Kondisi David, Info Dokter vs Lawyer

Jonathan Latumahina menunjukkan kondisi terkini dari David, Minggu 5 Maret 2023.-tangkapan layar/Facebook-

Masih koma kondisi David, 17, korban aniaya Mario, 20. Kuasa hukum David, M. Hamzah, kepada pers, Sabtu (4/3), mengatakan, ”koma hari ke-13 sekarang, masih di ICU.” Sebaliknya, kasus dugaan korupsi ayah Mario terus diungkap PPATK. Prihatin.

MAKSUD istilah koma yang digunakan Hamzah ialah tidak sadarkan diri. Dengan kata lain, pingsan. Dalam ilmu kedokteran, ada berbagai tingkat koma. 

Begini penjelasan Hamzah.

”Kondisi David sampai hari ini juga belum sadarkan diri. Jadi, masih di ruang ICU, belum sadarkan diri. Kita mohon doa agar David segera pulih.”

Diperinci: ”Kalau respons gerakan atau buka mata, sudah. Tapi belum sadar. Buka mata, belum sadar. Seperti orang tidur kan kadang suka mengigau, buka mata, tapi ia belum sadar, dan belum merespons.”

Lebih terperinci: ”Maksudnya, kalau orang sadar dan buka mata, harusnya kalau ia lihat orang yang dikenalinya, kan negur. Nah, ini belum begitu. Ia membuka mata sekali-kali saja, mengedip. Makanya, masih dalam keadaan koma. Masih kritis lah.”

Mundur, empat hari sebelumnya, Selasa, 28 Februari 2023, RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, tempat David dirawat, menggelar konferensi pers. Menjelaskan kondisi David.

Konsultan perawatan intensif dr Franz J.V. Pangalila mengungkapkan kondisi David. 

”Jadi begini, anak David ini memasuki hari ke-4 ke-5 di Mayapada Kuningan. Setelah memasuki 4 sampai 5 hari, ia mengalami perkembangan yang cukup signifikan, progresif.”

Peristiwa penganiayaan Mario ke David terjadi Senin, 20 Februari 2023. Pernyataan Fanz, bahwa 4–5 hari, berarti per tanggal 24–25 Februari 2023. Disampaikan Franz di konferensi pers, Selasa, 28 Februaarri 2023. Berarti, kondisi David pada 3–4 hari sebelumnya.

Dilanjut: ”Ya, memang untuk kesadarannya itu ada perbaikan. Saya sampaikan pada saat ia masuk itu GCS-nya sekitar 4.” 

GCS (Glasgow coma scale), pengukur tingkat kesadaran manusia. Digunakan di ilmu kedokteran internasional.

Franz: ”Orang seperti kita itu biasanya GCS-nya 15. Dan sekarang ini anak David sudah mencapai 8–9. Itu merupakan perkembangan yang sangat signifikan. Dan ini terjadi pada waktu 4–5 hari (sejak David masuk RS).” 

Dilanjut: ”Saya tegas menyatakan, untuk kerusakan (otak), kita tidak bisa detail dulu. Karena ini masih dalam perkembangan.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: