Peringatan Hari Musik di Makam WR Supratman, Eri Cahyadi: Indonesia Raya Kita Putar Tiap Pagi di Jalanan Surabaya

Peringatan Hari Musik di Makam WR Supratman, Eri Cahyadi: Indonesia Raya Kita Putar Tiap Pagi di Jalanan Surabaya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sedang menjadi dirigen saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya-Elvina Talitha-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Terik mentari tak mematahkan semangat rombongan Pemkot Surabaya dan paduan suara pelajar di Makam WR Supratman di Jalan Kenjeran, Rangkah, Kamis 9 Maret 2023. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin langsung lantunan lagu ciptaan sang pahlawan: Indonesia Raya.

 

Eri menjadi dirigen. Menandu siswa-siswi yang berkumpul di halaman makam. Acara itu, diperingati untuk merayakan Hari Musik Nasional. Tepat di hari lahir WR Supratman, 9 Maret 1903.

 

"Kita menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk mengenang jasa WR Supratman. Lagu ini memberikan perubahan dan membawa warna pada kehidupan kita," kata Eri.

 

Acara itu dihadiri oleh puluhan pelajar SD dan SMP. Mereka menjadi bagian paduan suara dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

 


Paduan suara menunjuk timur matahari, sekaligus sedang menyanyikan lagu nasional di Timur Matahari-Elvina Talitha-

 

Dalam pidatonya Eri berpesan kepada para pelajar agar mengikuti jejak para pejuang yang gigih dalam merebut kemerdekaan. Namun. di era sekarang mereka harus memiliki jiwa nasionalisme yang kuat. Dengan mengamalkan nilai Pancasila.

 

"Pancasila adalah kebersamaan. Dulu dengan bergotong-royong kita dapat merebut kemerdekaan, kali ini kita bergotong royong melalui hari musik nasional dan membangun karakter dalam diri untuk cinta tanah air," ujarnya menggebu saat berpidato

 

Eri Berharap, Indonesia Raya tidak hanya dinyanyikan saat upacara atau apel saja. Tapi setiap hari. "Nantinya kita akan merencanakan memutar lagu Indonesia Raya di pemkot maupun di jalan raya setiap pagi." ungkap Eri Cahyadi.

 

Setelah berpidato dan memimpin Lagu Indonesia Raya, Eri Cahyadi beserta jajarannya berziarah serta menaburkan bunga ke makam WR Supratman. Sang Pahlawan meninggal di Surabaya setelah sempat ditahan oleh Belanda gara-gara menciptakan lagu yang membakar semangat nasionalisme itu.

 

 


Eri Cahyadi sedang menabur bunga di makam sang pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman-Elvina Talitha-

 

Tak hanya ziarah makam, acara berlanjut di Taman Budaya dengan diskusi Musik Membangun Bangsa. Ada pula parade musik dari musisi difable dan ditutup dengan drama musikal Bangunlah Jiwanya garapan seniman Surabaya Heri Lentho. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: