Sudah Coba Fasilitas Face Recognition di Stasiun Gubeng? Tanpa Cetak Boarding Pass, KTP dan Bukti Vaksin

Sudah Coba Fasilitas Face Recognition di Stasiun Gubeng? Tanpa Cetak Boarding Pass, KTP dan Bukti Vaksin

Pelanggan kereta api memanfaatkan sistem face recognition, sejak diterapkan di boarding gate stasiun Gubeng, Jumat, 10 Maret 2023-Humas Daop 8 Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Naik kereta api (KA) jarak jauh semakin mudah. PT KAI memberlakukan sistem Face Recognition kepada pelanggan mulai Jumat, 10 Maret 2023.

 

Sistem pengenalan wajah tersebut, untuk memudahkan pelanggan, agar tak harus kerepotan menunjukkan alat bukti dokumen: KTP, setruk tiket KA, maupun dokumen vaksin. Penumpang hanya cukup menunjukkan wajah ke alat perekam sebelum boarding pass stasiun.

 

"Layanan itu, dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI," ujar Luqman Arif, Manajer KAI Daop 8, Surabaya, Jumat, 10 Maret 2023. Alat perekaman wajah itu, berfungsi untuk mengidentifikasi sekaligus mempercepat proses antrean.

 

BACA JUGA:Erick Thohir Merasa Tidak Enak Pecat Direktur Pertamina: Tapi Saya Punya Alasan!

BACA JUGA:Pegawai DJP Banyak Nyambi Jadi Konsultan Pajak

 

Arif mengatakan, untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal, lalu berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP reader. Kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri, pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

 


Penerapan sistem face recognition sudah berjalan di stasiun, sejak Jumat, 10 Maret 2023-Humas Daop 8 Surabaya-

 

"Nak setelah sukses melakukan registrasi, pelanggan tak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan cukup mengarahkan wajah ke alat perekaman saja. Dengan begitu gate akan terbuka secara otomatis," ujar Luqman.

 

Ia memastikan, dengan inovasi layanan baru tersebut, dapat memperlancar antrian proses boarding. "Cukup satu detik, waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan, dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI," terang Arif.

 

BACA JUGA:Indonesia Raya Tiga Stanza di Drama Musik Bangunlah Jiwanya

BACA JUGA:Dituding Sebagai Sindikat Penipuan Penjualan Make Up Branded, AE dan NI Berikan Klarifikasi

 

Manajemen Stasiun Gubeng, menyediakan layanan registrasi tersebut di stasiun baru. "Registrasi dapat dilakukan di konter pendaftaran yang tersedia di area Check in Counter (CIC). Kedepan akan dikembangkan registrasi online melalui aplikasi KAI Access," imbuh Arif.

 

Namun, untuk pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP masih dalam keadaan rusak, tak perlu khawatir. Karena KAI, masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Surabaya Gubeng.

 

PT KAI pun menjamin, keamanan data yang disetorkan pelanggan untuk proses registrasi. Yang merupakan, hasil tindak lanjut antara, KAI dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri, 2 Februari 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: