Lima Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Lima Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kisah Jack dan Rose yang harus terpisah akibat nasib kapal Titanic-Paramount Pictures -

HARIAN DISWAY- Oscar adalah ajang penghargaan tertinggi insan perfilman di Amerika Serikat. Hanya sedikit karya yang bisa meraih lebih dari lima Piala Oscar sekaligus.

 

Terbaru film Everything Everywhere All at Once berhasil menyabet tujuh penghargaan sekaligus dalam Piala Oscar 2023. Oleh karena itu, film tersebut menjadi peraih piala terbanyak dalam ajang Academy Award.

 

Sebelumnya film Slumdog Millionaire (2008) merupakan film yang juga paling banyak memenangkan penghargaan Piala Oscar. 11 Piala Oscar merupakan jumlah penghargaan terbanyak yang dimenangkan oleh satu film.

 

Berikut adalah daftar film dengan jumlah penghargaan Oscar terbanyak:

 

 

  1. Lord of the Rings: The Return of the King


Layar Tangkap The Lord of the Rings--

Film penutup trilogi Peter Jackson yang berdasarkan pada novel The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien memenangkan penghargaan terbanyak dari film manapun di abad ke-21.

 

Film tahun 2003 tersebut memenangkan seluruh 11 nominasinya, termasuk penghargaan sebagai film terbaik, sutradara terbaik, naskah adaptasi terbaik, penyuntingan terbaik, dekorasi set terbaik, desain kostum terbaik, makeup terbaik, skor asli terbaik, lagu asli terbaik, mixing suara terbaik, dan efek visual terbaik.

 

  1. Titanic 


Kisah Jack dan Rose yang harus terpisah akibat nasib kapal Titanic -Paramount Pictures -

Kisah romansa dua sejoli Jack dan Rose yang harus terpisah akibat nasib kapal Titanic. Kisah klasik yang disutradarai James Cameron tahun 1997 dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet juga mendapat rekor 11 penghargaan Oscar dan memenangkan penghargaan untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, sinematografi terbaik, dekorasi set terbaik, desain kostum terbaik, penyuntingan film terbaik, skor terbaik, lagu terbaik, mixing suara terbaik, penyuntingan efek suara terbaik, dan efek visual terbaik.

 

  1. Ben Hur


Ben Hur -Everett Collection-

Ben-Hur mengisahkan tentang seorang pangeran Yahudi yang telah dikhianati dan menjadikan ia budak oleh sahabatnya dari Romawi, yang kemudian membuat ia haus akan balas dendam.

 

Film tahun 1959 ini adalah film pertama yang memenangkan 11 penghargaan Oscar, termasuk penghargaan untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik, aktor pendukung terbaik, sinematografi (warna) terbaik, dekorasi set (warna) terbaik, desain kostum (warna) terbaik, penyuntingan film terbaik, skor terbaik, mixing suara terbaik, dan efek khusus terbaik.

 

  1.  West Side Story


West Side Story -United Artists/Kobal/Shutterstoc-

Film tahun 1961 itu yang menampilkan Rita Moreno dengan menggambarkan kisah klasik "Romeo dan Juliet" melalui lensa kota New York yang termodernisasi. Film itu memenangkan 10 penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, aktor pendukung terbaik, aktris pendukung terbaik, sinematografi (warna) terbaik, dekorasi set (warna) terbaik, desain kostum (warna) terbaik, penyuntingan film terbaik, skor terbaik, dan mixing suara terbaik.

 

  1.  The English Patient


The English Patient- Miramax-

Film yang menceritakan seorang survivor kecelakaan pesawat pada Perang Dunia II mulai mengalami kilas balik yang mengungkap kisah asmara ketika dirawat oleh seorang perawat muda.

 

Film bergenre romance tahun 1996 itu, yang disutradarai oleh Anthony Minghella, memenangkan sembilan penghargaan untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, aktris pendukung terbaik, sinematografi terbaik, dekorasi set terbaik, desain kostum terbaik, penyuntingan film terbaik, skor terbaik, dan mixing suara terbaik. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: variety