FIFA Beri 21 Catatan Sepak Bola Indonesia: Kompetisi U-9, Problem Wasit, hingga Keamanan Stadion

FIFA Beri 21 Catatan Sepak Bola Indonesia: Kompetisi U-9, Problem Wasit, hingga Keamanan Stadion

Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Ketua PSSI, Erick Thohir-PSSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - FIFA memberikan 21 program wajib untuk PSSI. Hal itu diumumkan Ketum PSSI Erick Thohir di sarasehan bersama Asprov PSSI se-Indonesia, 20 Maret 2023.

Erick menyampaikan pesan dari FIFA itu saat menyampaikan rencana PSSI jangka panjang: target keemasan 2034-2045. Dalam sarasehan kedua itu Erick membedah persoalan sepak bola di level daerah.

"Ini merupakan sarasehan kedua, setelah sebelumnya bersama klub liga 1 dan Liga 2. Sarasehan itu apa? Kita ingin mendengar apa permasalahan sepakbola yang ada di provinsi," ujar Erick Thohir dalam keterangannya di laman resmi PSSI dikutip, Senin 20 Maret 2023.

Menurutnya, semua pihak harus menggelar pembinaan pemain usia dini. Dimulai U-9 yang nantinya menjadi generasi sepakbola Indonesia 2034-2045. 

BACA JUGA:Daftar Skuat Baru Timnas Inggris dan Beban Tak Pernah Juara Euro

BACA JUGA:Mengulang Memori Emas AS Roma dan Misi Balas Dendam Feyenoord di Liga Eropa

Erick Thohir mengatakan, PSSI mempunyai rencana strategis yang tertuang dalam Visi PSSI 2045. Ada 4 fase menuju itu, yaitu pemulihan (tahun 2023), pengembangan (tahun 2024-2028), performa (2028-2034), keemasan (2034-2045).

"Kita punya mimpi bersama. Tidak mudah tapi kita harus berani. Contoh, pembinaan usia dini harus dimulai dari usia 9 tahun, karena target persiapan event-event di tahun 2034 harus dari usia itu,” ucap Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI itu menegaskan, semua pihak mempunyai mimpi bersama untuk kemajuan sepakbola Indonesia ke depan tentu banyak program yang harus dibahas oleh Asprov.


Kesiapan Stadion GBT menyambut Piala Dunia U-20 ditinjau oleh (dari kiri) Anggota Exco PSSI Ahmad Riyadh, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan Zainuddin Amali, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR-FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

Dalam jangka pendek, PSSI akan menggelar turnamen Liga 2 dan 3. Ia mengungkap bahwa Liga 1 formatnya akan sedikit berbeda dengan Liga 1 yang masih berjalan saat ini.

“Itu salah satu program yang tadi kita diskusikan dengan asprov. Kemudian, untuk jangka pendek. Kita lakukan turnamen liga 2 dan 3 ketika liga 1 mulai. Liga 1 formatnya agak berbeda sedikit," kata Erick.

Erick Thohir mengatakan, FIFA memberikan 21 program wajib untuk PSSI yaitu, kompetisi putra, kompetisi putri, Timnas putra yang aktif, Timnas putri yang aktif.

Tak hanya urusan sepakbola, FIFA juga meminta PSSI membenahi utusan teknologi dan informasi  serta sistem manajemen kompetisi yang aktif dan ter-update.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: