BI Siapkan Rp 195 Triliun untuk Penukaran Uang

BI Siapkan Rp 195 Triliun untuk Penukaran Uang

ANGGOTA DPR Komisi XI Indah Kurnia melayai warga yang menukarkan uang di layanan drive-thru Bank Indonesia perwakilan Jawa Timut, Sabtu, 25 Maret 2023. -FOTO: JULIAN ROMADHON-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Semua orang pasti cinta rupiah. Namun Indah Kurnia, anggota DPR Komisi XI DPR RI, seakan tak pernah lelah mengampanyekan hal tersebut. Cinta rupiah yang dimaksud politikus PDIP itu adalah bagaimana masyarakat bangga terhadap rupiah dan memperlakukan mata uang Indonesia itu dengan baik.

"Tentu menjaganya dengan tak melipat, apalagi mengotori dan mencoret-coret uang," ujar Indah Kurnia saat menghadiri peluncuran program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) di halaman Bank Indonesia perwakilan Jawa Timur, Sabtu 25 Maret 2023. 

Program Serambi ini, lanjut Indah, menjadi bagian dari kampanye cinta rupiah. Kemudahan layanan penukaran uang itu, kata Indah Kurnia, tidak sekadar memberikan uang baru kepada masyarakat. Tapi, juga sebagai edukasi dan literasi bahwa setiap proses pencetakan dan maintenance uang rupiah berbiaya besar.

BACA JUGA:Perahu Nambangan Surabaya Terguling, Satu Penumpang Hilang

Karena itu, lanjutnyi, perlu disampaikan kepada seluruh masyarakat, bagaimana cara menyimpan rupiah dengan baik. "Tidak kalau dapat uang asing saja menyimpannya rapi, malah kalau rupiah enggak," ujar mantan manajer Persebaya itu.


Layanan penukaran uang di halaman Bank Indonesia perwakilan Jawa Timur. -FOTO: JULIAN ROMADHON-HARIAN DISWAY-

BI menyiapkan uang tunai pecahan baru Rp 195 triliun untuk melayani penukaran uang di seluruh Indonesia. Itu, meningkat 8 persen daripada Ramadan tahun sebelumnya. Penukaran sudah bisa dilakukan di gerai dan ribuan titik konter penukaran uang. Antara lain di rest area, kantor dishub, pasar, dan tentu saja juga di kantor perwakilan BI di berbagai daerah. Sistem layanannya drive-thru. 

"Kami sudah menyiapkan uang baru sebanyak Rp 24,5 triliun, untuk warga Jatim. Sedangkan khusus warga di Surabaya disiapkan Rp 12,6 triliun," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto.

"Masyarakat bisa menukarkan uang lamanya dengan uang baru melalui layanan yang telah kami sediakan. Baik pecahan maupun langsung satu paket total senilai Rp 3,8 juta," lanjut pria asal Pekalongan tersebut.


Layanan penukaran uang drive-thru untuk kendaraan roda dua di halaman Bank Indonesia perwakilan Jawa Timur, Sabtu, 25 Maret 2023. -FOTO: JULIAN ROMADHON-HARIAN DISWAY-

Selain sistem layanan penukaran uang dengan drive-thru, kata Budi, penukaran uang juga dilayani melalui aplikasi QRIS. "Ini seperti yang sudah dipraktikkan Ibu Indah Kurnia tadi. Satu paket uang pecahan total senilai Rp 3,8 juta, tetap langsung cair," kata Budi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: