Ini 9 Titik Geothermal yang Dikembangkan PLN, Ada Tangkuban Perahu hingga Danau Ranau

Ini 9 Titik Geothermal yang Dikembangkan PLN, Ada Tangkuban Perahu hingga Danau Ranau

Gunung Tangkuban Perahu memiliki potensi wisata dan panas bumi.-Kementerian Pariwisata -

HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) sedang mempercepat transisi energi melalui berbagai kolaborasi. Upaya itu diwujudkan dalam pembangunan 9 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total kapasitas mencapai 260 megawatt (MW).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyebutkan 9 lokasi geothermal yang akan segera dikembangkan:

  1. Maluku Tengah
  2. Atadei di NTT
  3. Songa Wayaua di Halmahera Selatan
  4. Tangkuban Perahu di Jawa Barat
  5. Ungaran di Jawa Tengah
  6. Kepahiang di Bengkulu
  7. Oka Ile Ange di NTT
  8. Gunung Sirung di NTT
  9. Danau Ranau di Sumatera Selatan dan Lampung Barat.


Danau Ranau di Sumatera Selatan dan Lampung.-Pemkab Oku Selatan-

BACA JUGA:Momen Buka Bersama Pertama di Stamford Bridge Chelsea

BACA JUGA:Imbas Penolakan Timnas Israel: Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, Argentina Siap Gantikan Indonesia

Dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan pada Senin, 27 Maret 2023, Darmawan mengatakan bahwa  sudah ada pemetaan potensi di 9 titik tersebut. "Pada tahap pertama, PLN membuka kerja sama WKP untuk pengembangan di Tulehu, Songa Wayaua, Atadei, dan Tangkuban Perahu," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa PLN, sebagai pemegang Izin Panas Bumi (IPB) di Indonesia, telah diberikan mandat dari undang-undang untuk mengembangkan potensi geothermal sebaik mungkin. Saat ini, PLN telah menyiapkan studi detail 3G (Geology, Geochemistry, dan Geophysics) untuk pembangunan WKP.


Instalasi milik PT PLN Gas dan Geothermal.-PT PLN Gas dan Geothermal-

PLN berkomitmen untuk mendukung program transisi energi melalui pengembangan geothermal. PLN juga terus menjalin kolaborasi yang lebih luas untuk mempercepat potensi geothermal.

Darmawan menegaskan bahwa kolaborasi menjadi kunci penting dalam pengembangan potensi panas bumi yang tersebar di berbagai wilayah. Hal ini meliputi studi kelayakan, pembangunan fasilitas panas bumi, dan konversi energi dari sumber panas bumi.

BACA JUGA:Usia 38 Tahun, Ronaldo Cetak Tiga Rekor Baru Saat Kualifikasi Euro

BACA JUGA:Sepak Bola Jadi Korban Politik

Dengan kolaborasi, PLN akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan kesempatan untuk meningkatkan portofolio energi hijau bersama-sama. Oleh karena itu, Darmawan mengajak semua pihak yang berminat, termasuk perusahaan lokal, perusahaan luar negeri, dan investor dalam maupun luar negeri, untuk menjadi mitra strategis PLN dalam pengembangan WKP di Indonesia.

"Kami di PLN membuka kolaborasi seluas-luasnya untuk semua pihak yang berminat bergabung. Di sini, kita akan bekerja sama tidak hanya untuk membangun bisnis yang saling menguntungkan tetapi juga untuk memproduksi energi yang ramah lingkungan," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: