Mahfud MD Sebut Bawahan Sri Mulyani Tutup Akses Informasi

Mahfud MD Sebut Bawahan Sri Mulyani Tutup Akses Informasi

Menko Polhukam Mahfud MD menghadiri rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI terkait dugaan TPPU sebesar Rp 349 triliun di tubuh Kemenkeu, Rabu, 29 Maret 2023.-YouTube DPR RI-

Di dalam surat tersebut ada yang sudah masuk pada 10 Juni 2009 sampai yang terakhir 11 Januari 2023. Tercatat lebih dari 300 surat. 

Mahfud mengatakan sangat menghormati Sri Mulyani yang merupakan teman baik dalam pemberantasan korupsi. Ia menaruh kepercayaan besar terhadap sosok Sri Mulyani. Mahfud menilai, apa yang disampaikan Sri Mulyani saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR jauh dari fakta. 

Mahfud akhirnya menyimpulkan bahwa menteri keuangan tersebut tidak punya akses terhadap laporan-laporan itu. ”Bukan dia nipu, tapi diberi data itu, dia enggak tahu. Jadi, siapa yang bohong. Itu faktanya,” ucap Mahfud.

Senin lalu Sri Mulyani menceritakan dari transaksi mencurigakan senilai Rp 349 triliun, hanya Rp 3,3 triliun yang berkaitan dengan pegawai Kemenkeu. ”Dan, itu sudah seperti yang saya sampaikan, sudah ditindaklanjuti ya,” ujarnyi setelah rapat kerja bersama komisi XI di gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2023. 

Kemenkeu juga telah melakukan langkah-langkah korektif terhadap 193 pegawainya. ”Kalau ada transaksi yang kemudian berhubungan dengan fraud dan ada indikasi pidana, kita kemudian menyampaikan ke aparat penegak hukum,” ucap Sri Mulyani. (*)

 

Sumber: