BREAKING NEWS: FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

BREAKING NEWS: FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Erick Thohir mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino bakal berkantor di Indonesia jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17.-FOTO: DOKUMENTASI PSSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kabar buruk untuk sepak bola Indonesia. FIFA secara resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu malam, 29 Maret 2023. Keputusan itu diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu.

Keputusan FIFA muncul imbas penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Bahkan beberapa kepala daerah yang akan menjadi tuan rumah pertandingan, seperti Gubernur Bali I Wayan Koster  dan Gubernur Jawa Tenga Ganjar Pranowo  ikut menolak.

BACA JUGA:Jokowi Patuhi Aturan FIFA, Olahraga Tak Perlu Dicampur Politik

BACA JUGA:Rayu FIFA Lagi Agar Piala Dunia U-20 Tidak Batal

Hal ini membuat FIFA berpikir untuk mengambil keputusan tegas dan memberikan potensi sanksi terhadap PSSI. Keputusan ini merupakan pukulan telak bagi sepak bola Indonesia, terutama bagi skuad Indonesia U-20 yang sudah sangat mengharapkan bisa tampil di ajang kelas dunia itu.

Pemerintah pusat dan daerah juga mengucurkan dana ratusan miliar untuk menyukseskan acara tersebut. Misalnya pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) di Surabaya oleh Kementerian PUPR. Begitu pula dengan perbaikan semua stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah.


Gambar yang diposting FIFA saat mengumumkan pencoretan Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U-20 20 Mei 2023 mendatang.-FIFA-

Dalam laman resminya, FIFA mengumumkan telah mencoret Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. Singkat. Cuma tiga paragraf dengan gambar trofi Piala Dunia U-20.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah: 20 Mei 2023.

Sanksi potensial terhadap PSSI juga mungkin akan diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menekankan bahwa meskipun keputusan ini diambil, FIFA tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, dengan kerja sama yang erat dan dukungan dari pemerintah Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

BACA JUGA:Imbas Penolakan Timnas Israel: Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, Argentina Siap Gantikan Indonesia

BACA JUGA:Tolak Timnas U-23 Israel, Koster, Gubernur Paling Berani

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: