Buka Sepanjang Ramadan, Kya-Kya Sediakan Takjil dan Makanan Halal

Buka Sepanjang Ramadan, Kya-Kya Sediakan Takjil dan Makanan Halal

Elvina Talitha Alawiyah-Harian Disway-Suasana temaram di Kya-Kya Reborn yang diguyur hujan, Jumat, 31 Maret 2023.-

Pilihan berbuka puasa di kota sebesar Surabaya memang sangat beragam. Termasuk di tempat-tempat wisata yang punya cita rasa budaya yang kuat. Yakni, Kya-Kya Reborn di Jalan Kembang Jepun.
 
KAWASAN Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun Kota Surabaya tampak sepi pengunjung pada Jumat petang, 31 Maret 2023. Hujan mengguyur. Jalanan basah. Cukup dingin.
 
Tetapi, para penjual tetap bersemangat menggelar dagangannya. Jajaran kuliner berderet di tepi jalan. Mulai makanan lokal, modern, hingga penganan khas Tionghoa. Semuanya dikemas dan lapak-lapak bernuansa oriental namun tetap terasa kekinian.
 
Meski tak berjubel, ada saja pembeli yang nekat menembus rinai hujan. Membeli kudapan atau penganan di stan-stan yang masih buka. Beberapa pembeli memang memilih beringsut, berteduh di bawah kanopi toko dan bangunan di pinggir jalan. Namun, geliat ekonomi di Kya-Kya memang terasa tak mati.
 
Sejak dihidupkan kembali tahun lalu, Kya-Kya memang buka saban akhir pekan. Yakni, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tepatnya pukul 18.00 hingga tengah malam. Jam 24.00.
 
 
Nah, Pemkot Surabaya pun berinisiatif menjadikan Kya-Kya sebagai salah satu destinasi wisata kuliner selama Ramadan. Karena itu, akun Instagram resmi Kota Surabaya, @surabaya, mengumumkan bahwa sepanjang Ramadan Kya-Kya akan buka setiap hari. Pukul 16.00-21.00.
 
Keputusan itu memang asyik. Terutama karena Pemkot Surabaya memang punya gereget untuk menghidupkan kembali jalan bersejarah di kawasan pecinan itu. Nama kya-kya diambil dari dialek Hokkian. Artinya, jalan-jalan. Sehingga, kawasan itu pun ditata sebagai tempat jalan-jalan. Plus kongko-kongko. Sambil makan, tentunya. Sebagai kawasan street food, Kya-Kya pun dikonsep dengan penataan stan penjual makanan yang beragam. 
 
Itulah yang terasa saat Harian Disway mencari menu berbuka puasa. Aneka makanan ada. Juga minuman siap teguk yang bisa langsung dinikmati tanpa menunggu proses meracik yang lama. Misalnya, di kedai Mixue, minuman kekinian yang begitu menjamur di banyak tempat.
 

Kedai Mixue yang menjadi jujukan pembeli di Kya-Kya Reborn.-Elvina Talitha Alawiyah-Harian Disway-
 
Kedai Mixue itu memang unik. Jarang ditemukan kedai Mixue di sebuah stan pasar malam. “Ini adalah stan pertama kami. Sebelumnya, kami tidak pernah berjualan Mixue di pasar malam,” ungkap Inge Alya Wardani, staf yang bertugas di stan itu. Dia mengakui bahwa Mixue ingin mencari tempat lain yang juga punya konsep pasar malam. ''Kebetulan, Kya-Kya ini sangat nyaman untuk berjualan,” imbuh perempuan itu.

 

Nuansa asyik Kya-Kya memang terus dipertahankan selama Ramadan. Agar tempat itu bisa jadi destinasi membeli takjil atau menu berbuka. Juga bisa jadi tempat ngabuburit bersama, menunggu waktu berbuka puasa. Di situ ada beberapa kursi dan meja. Menemani sore, ada live music yang menghibur pengunjung. Lagu-lagunya juga bermacam-macam, tentu saja termasuk lagu khas Tionghoa.
 

Agus Setyawan (kanan) meladeni pembeli takoyaki di kedainya.-Elvina Talitha Alawiyah-Harian Disway-
 
Harga makanan dan minuman yang dijual juga terjangkau. Cocok sekali untuk dijadikan menu buka puasa. Tak hanya makanan berat, jajanan takjil pun juga tersedia. Seperti takoyaki, bakwan, singkong, dan lumpia. ''Semua makanan di Kya-Kya dijamin halal seratus persen,'' ucap Agus Setyawan, pemilik stan Takoyaki Anachi, yang berjualan bersama istrinya.
 
Memang, saat kembali membuka Kya-Kya Reborn, Pemkot Surabaya memang ingin agar seluruh makanan di tempat itu adalah menu halal. Pemkot juga mengoordinasi para stan itu melalui kelompok-kelompok UMKM. “Kami tergabung dalam UMKM Kecamatan Pabean Cantikan,” ungkap Agus.
 
Asyik, bukan? Kya-Kya Reborn bisa menemani kita selama Ramadan. Jangan lupa ajak orang-orang tercinta untuk ngabuburit. Semangat menjalankan ibadah puasa! (Maulidah)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: