Event Pemanasan Sebelum Porprov

Event Pemanasan Sebelum Porprov

Kejurprov Muay Thai Jawa Timur akan dilaksanakan di Townsquare Surabaya (Sutos) pada 18-21 Mei.-Syaiful/KONI Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kompetisi menjadi salah satu konsentrasi utama Baso Juherman sejak terpilih sebagai ketua Pengprov Muay Thai Jawa Timur (Jatim). Sebagaian ajang telah digelar. Mulai Liga Muay Thai beberapa waktu lalu hingga kini kejuaraan provinsi (kejurprov). Rencananya Kejurprov Muay Thai Jatim digelar di Townsquare Surabaya (Sutos) pada 18–21 Mei.

Pembinaan atlet memang menjadi kunci utama sebuah prestasi. Akan tetapi, pembinaan itu akan percuma jika tidak diimbangi dengan maraknya kompetisi. Itulah yang disadari betul oleh Baso. Sejak memimpin Pengprov Muay Thai Jatim, menggalakkan turnamen atau kompetisi menjadi salah satu program utamanya. Salah satunya adalah kejurprov yang digelar Mei mendatang.

Baso sangat berharap agar pengurus muay thai di kota dan kabupaten di seluruh Jatim menyemarakkan acara itu. ”Sebab, kejurprov ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengukur kekuatan daerah-daerah sebelum turun di Porprov 2023 pada September mendatang,” ucap Baso dalam keterangan resminya pada Kamis malam, 13 April 2023.

Muay thai merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di multievent terakbar di Jatim itu. Rencananya cabang olahraga tersebut dipertandingkan di Kota Mojokerto. Tepatnya di Gedung Olahraga (GOR) dan Seni Mojopahit.

Menurut Baso, ada banyak kota dan kabupaten yang sudah menggelar pemusatan latihan. Tujuannya, mencapai target medali di Porprov nanti. Memang, agenda kejurprov terpaut empat bulan sebelum Porprov. Tapi, Baso menilai selisih waktu itu cukup ideal. Sebab, setiap daerah akan mengetahui mana lawan terberat. Serta, aspek apa saja yang harus mereka perbaiki sebelum Porprov mendatang.

”Kejurporv membuat daerah tahu kekuatan mereka masing-masing. Sehingga mereka bisa mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan mereka. Apa yang harus ditingkatkan sebelum Porprov. Sehingga ketika Porprov nanti, performa atlet mereka meningkat,” jabar mantan petua Pengkot Muay Thai Surabaya tersebut.

Selain itu, Pengprov Muay Thai Jatim menjadikan hal tersebut sebagai sarana seleksi bagi atlet-atlet untuk menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON). Kebetulan Jatim bertindak sebagai tuan rumah. ”Jadi, kami akan mempersiapkan atlet untuk turun di semua nomor pertandingan. Total ada 22 nomor yang akan dipertandingkan,” jabarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: