Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 25): Masjid Al Mukhlisiin, Sidoarjo; Mendorong Remas Aktif

Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 25): Masjid Al Mukhlisiin, Sidoarjo; Mendorong Remas Aktif

Bagian depan Masjid Al Mukhlisiin yang kini jauh lebih pesat dibandingkan dengan tiga tahun lalu. Di sinilah berbagai program ketakmiran masjid berkembang dengan merangkul remaja-remaja masjid yang diharapkan akan makin mempermudah kelanjutan tongkat esta-Syahrul Rozak Yahya-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Masjid Al Mukhlisiin, berdiri megah di tengah-tengah pemukiman warga, di kawasan perumahan di Sidoarjo. Tepatnya, di Perumahan Villa Jasmine 3, Sidoarjo. Masjid itu dibangun hasil pendanaan secara swadaya masyarakat sejak 2008.

Sejak dibangun, selain sebagai sarana ibadah umat muslim warga perumahan, juga untuk sarana komunikasi. Termasuk untuk menggelar berbagai kegiatan keislaman. Antara lain kajian rutin setiap hari Sabtu dan Minggu. Seperti, kajian tafsir Alquran, tematik, dan fikih. "Itu biasanya kita lakukan sambil menunggu azan Subuh," ujar Abdul Hadi, Ketua Takmir Masjid Al Mukhlisiin periode 2018-2020.

Sejumlah ustaz atau ulama dihadirkan untuk mengisi kegiatan berbagai kajian itu. Sedikitnya ada delapan ustaz tersohor di Sidoarjo. Antara lain, Ustaz Abdul Kholiq, Ustaz Ahmad Rosidin, Ustaz Sulton, hingga ustaz sekaligus seorang dosen Ustaz M Idris.

"Mereka secara bergantian kami hadirkan, memberikan ceramah agama. Untuk menambah pengetahuan dan memotivasi menguatkan iman masyarakat," kata Hadi.

Kajian keislaman itu juga diselenggarakan pengurus masjid secara rutin pada Sabtu malam Minggu. "Nah, kalau Sabtu malam Minggu ini, kami ingin mengajak pemuda-pemuda khususnya warga Perumahan Villa Jamine 3, Sidoarjo termotivasi memperdalam keilmuan agama Islam," terang Hadi.

"Dengan begitu, mereka tidak sampai mudah terpengaruh dunia permainannya saja. Tetapi diimbangi pendidikan keislaman agar tidak mudah terjerumus ke kehidupan yang kurang memberi manfaat," lanjutnya.


Tampak tepat di atasnya, langit-langit yang dilukis indah agar dapat memberikan pelayanan maksimal untuk jemaah yang kian hari kian meningkat jumlahnya.-Syahrul Rozak Yahya-


Ruang utama Masjid Al Mukhlisiin yang tampak nyaman sebagai tempat salat.-Syahrul Rozak Yahya-

Menurut Hadi, perkembangan Masjid Al Mukhlisiin sudah jauh lebih pesat. Itu jika dibandingkan dengan tiga tahun setelah masjid itu berdiri. Berbagai dari program-program ketakmiran masjid, mulai dapat merangkul remaja-remaja masjid. Sehingga akan mempermudah kelak, melanjutkan tongkat estafet syiar keagamaan di Perumahan Villa Jasmine 3, Sidoarjo.

"Kami selalu libatkan remaja masjid kala menggelar acara keagamaan di sini. Inilah yang kami ingin tularkan kepada mereka. Karena siapa lagi nanti yang meneruskan syiar agama ini kalau bukan dibentuk sejak sekarang," kata Hadi.

"Alhamdulillah, mereka sudah mulai membentuk grup Al Banjiri. Kami pun fasilitasi mereka. Kami senang melihat mereka bisa aktif begitu," lanjut Hadi.

Sementara, pengurus masjid juga mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) pada 2019. Untuk kelompok anak-anak. Diharapkan TPQ menjadi ruang pembelajaran agama Islam, calon generasi penerus bangsa.


Kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang didirikan pengurus masjid pada 2019 untuk kelompok anak-anak agar menjadi ruang pembelajaran agama Islam calon generasi penerus bangsa.-Syahrul Rozak Yahya-

Tak sampai di situ, kemakmuran Masjid Al Mukhlisiin tampak kala peringatan hari besar Islam (PHBI). Pengurus masjid selalu menggelar agenda PHBI dengan meriah yang turut melakukan bakti sosial (baksos) dalam bentuk paket sembako. Ini diperuntukkan kepada kaum duafa dari warga sekitar perumahan.

Sementara kala bulan Ramadan tiba, kata Hadi, pengurus masjid sering menggelar acara buka hingga sahur bareng. Termasuk menyediakan ratusan paket takjil gratis.


Di ruang utama masjid yang nyaman ini, sebagian jemaah tengah menunggu waktu salat dilaksanakan dengan berjamaah.-Syahrul Rozak Yahya-

Bahkan pengurus masjid tengah berencana melakukan pengembangan bangunan masjid satu satunya di kawasan Perumahan Villa Jasmine 3 itu. Agar dapat memberikan pelayanan maksimal dan menampung jumlah jemaah yang kian meningkat.

"Ini yang masih direncanakan. Semoga dapat terlaksana dengan lancar. Sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dan senang datang ke masjid," tandas Hadi. (Eko Setyawan)

Masjid Al Hikmah, Perumahan Gayungsari IV, Surabaya BACA BESOK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: